MEMBANGUN NIAT BELI SECARA ONLINE MELALUI KEMUDAHAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN (studi kasus pada Market Place L)

Rini Agustin, Hasyim Hasyim

Abstract


Membangun niat beli (buying intention) merupakan faktor penting dalam manajemen pemasaran, hal ini disebabkan karena niat beli merupakan alat mendeteksi terjadinya pembelian sebenarnya (actual buying), termasuk pembelian yang dilakukan melalui transaksi online. Permasalahannya adalah sebagian penyedia jasa online (market place) sangat diminati sementara sebagian lagi kurang diminati oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih tempat belanja online (online market place), atau faktor apasaja yang dipersepsikan oleh konsumen sebagai hal yang mendorong mereka untuk berniat melakukan pembelian.Faktor yang dianalisis dalam penelitian ini adalah, faktor kemudahan penggunaan aplikasi, faktor kepercayaan terhadap penyedia jasa dan faktor lain yang dapat mendorong keinginan untuk membeli.

Metode kausalitas digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode regresi berganda sebagai alat membuktikan hipotesis. Pengumpulan data primer menggunakan instrument kuesioner yang disusun dari indikator-indikator setiap variabel, dengan menggunakan 170 sampel yang dipilih dengan metode purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan konsumen dipengaruhi oleh faktor kemudahan aplikasi dalam melakukan transaksi serta faktor testimoni (review). Selanjutnya faktor kemudahan dan tingkat kepercayaan mempengaruhi tingkat keinginan membeli pada online market place. Temuan penelitian menunjukkan bahwa testimony atau word of mouth mempengaruhi tingkat kepercayaan namun tidak mempengaruhi niat beli konsumen. Implikasi penelitian menunjukkan jika penyedia jasa ingin meningkatkan minat beli maka faktor kemudahan penggunaan aplikasi dalam melakukan transaksi harus menjadi pertimbangan utama.

 

Kata kunci: niat beli, kepercayaan, word of mouth


References


Afzal, Hasan, et.al. 2010. ‘Consumers trust in the Brand; Can it Be Built through Brand reputation, Brand Competence and Brand Predictability†Internasional Business Research. Vol.3 No.1., p. 43-51

Ajzen, I .; Fishbein, M. 1980. Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Resiko pada Minat Beli online, Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwajaya, 14.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII). PertumbuhanPengguna Internet Indonesia 2017 available from: https://www.apjii.or.id/

Cien-Lung Hsu, et.al. 2010., ‘ Efffect of commitment and trust toward micro-blog on consumer bahavioral intention: a relationship marketing persepectiveâ€. International Journal of Electronic Business Management. Vol. 18 No. 4. pp. 292-303

Casalo, Luis, et.al . 2011., ‘The Generation of trust in the online service and product distribution†journal of Electronic Commerce research vol. 12. No. 3

Davis F. (1989) Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, adn User Acceptance of Information Technology. Manag Inf Syst Res Cent. 1989;13(3):319–40.

Davis, Bagozzi R. P., dan Warshaw P. R. 1989. User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science. Volume 35 No. 8.

Jarvenpaa, Sirkka.L. et al, 2000. “Consumer Trust in an Internet Store’ Information Technology and Management. vol.1

Faradila, R. S. N., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Toko Online berrybenka.com di Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 13(2), 149. https://doi.org/10.14710/jsmo.v13i2.13406

Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Iqra’, 9((01)), 1–13.

Farki, A., Baihaqi, I., & Wibawa, M. (2016). Pengaruh online customer review rating terhadap kepercayaan place di indonesia. Jurnal Teknik Its, 5(2), 614–619.

Gadhafi, M. (2015). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Niat Pembelian Yang Dimediasi Oleh Citra Merek Pada Produk Laptop Acer Di Surabaya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya 2015.

Gupta, Alok et al., 2004, An empirical study of consumer switching from traditional to electronic channels: A purchase decision process perspective, International Journal of Electronic Commerce, vol. 8 N0.3, pp.131-161

Hаekаl, M. E., Suharyono, & Yuliyаntо, E. (2016). Pengaruh Electoronic Word Of Mouth Terhadap Kepercayaan Dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 40(2), 162– 168.

Hair, Joseph F, William C. Black, Barry J. Babin, dan Rolph E. Anderson. 2010. Multivariate Data Analysis. Seventh Edition. Pearson Prentice Hall. New Jersey.

Hastina, P. (2017). Pengaruh Dimensi Electronic Word of Mouth (E-Wom) Di Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Café Grannysnest Di Bandar Lampung.

Hasyim, Anindita, Rina dan. 2009. Prinsip – Prinsip dasar MetodeRiset Bidang Pemasaran.

Jakarta: UEU – Universitas.

Hasyim, H., & Anindita, R. (2016). Developing Conceptual Model for Online Shopping Attitude in Indonesia : Based on the Diffusion of Innovations Theory. International Journal of Economics, Commerce and Management, IV(6), 560–581.

Hasyim dan Helmi, A. 2017. Consumers’ Trust As The Mediating Factor For Insurance Buying Intetion In Indonesia. International Journal pf Economics, Commerce and Management. Vol. V, Issue 2, February 2017.)

Jalilvand, M. R., & Samiei, N. (2012). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention: An empirical study in the automobile industry in Iran. Marketing Intelligence and Planning, 30(4), 460–476.

Klein, 1998, Scansaroli, 1997, Peterson et al, 1997 dalam

Kotler and Keller. 2009. Marketing Management. Volume I. 13th edition Jakarta: Erlangga.

Miyazaki and Fernandez , 2001, dalam Hasyim. 2016. Level of Adoption of Technology Acceptance Innovations and Consumer Trust as Factors Affecting Online Shopping Behavior in Indonesia. Dissertation. Faculty of Economics and Business: Padjadjaran University)

Picaully, M. R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Gadget Di Shopee Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(1)

Purwanda, E., dan Wati, T. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas

Putra Dewa, B., & Setyohadi, D. B. (2017). Analisis dampak faktor Relationship Manajemen dalam melihat tingkat kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Market Place di Indonesia

Rahmad,at al (2017), Pengaruh Kemudahan terhadap Kepercayaan dan Penggunaan SMS Banking Jurnal Administrasi Bisnis, 43(1), 36–43

Scott, Sally. 2017. Using Diffusion of Innovation Theory to Promote Universally Designed College Instruction. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, v29 n1 p119-128

Venkatesh, Visnawath and Agarwal Ritu. 2006. “ Turning Visitors into Customers: a Perspective in Purchase Behavior on Electronic Channels.â€. Journal of Management Science. Vol.52 no.3. p.367-382




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v10i2.2850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.