ANALISIS PERSEPSI DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA ONLINE MELALUI INSTAGRAM

R.A Nurlinda, SE., MM, Putri Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi resiko terhadap Keputusan Pembelian online melalui Kepercayaan sebagai variabel intervening pada konsumen pengguna aplikasi instagram di Jabodetabek. Penelitian ini dilakukan pada konsumen instagram di Jabodetabek yang sudah melakukan pembelian sebanyak dua kali atau  lebih. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 155 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Jenis penelitian ini adalah asosiatif yang bersifat kausal dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analysis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Persepsi Kemudahan dan Persepsi Resiko berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepercayaan dan Keputusan Pembelian online di media sosial Instagram.  Kepercayaan berhasil menjadi variabel Intervening bagi Persepsi Kemudahan  karena memiliki nilai pengaruh tidak langsung yang lebih besar dibandingkan dengan pengaruh langsungnya. Kepercayaan tidak terbukti sebagai variabel mediasi antara persepsi resiko dan keputusan pembelian online di media sosial Instagram

Kata Kunci : Persepsi Kemudahan, Persepsi Resiko, Keputusan Pembelian, Kepercayaan konsumen, Instagram

Full Text:

PDF

References


Ba, S., & Pavlou, P. A. (2002). Evidence of the effect of trust building technology in electronic markets: Price premiums and buyer behavior. MIS Quarterly: Management Information Systems, 26(3), 243–268.

Cho, Y. C., & Sagynov, E. (2015). Exploring Factors That Affect Usefulness, Ease Of Use, Trust, And Purchase Intention In The Online Environment. International Journal of Management & Information Systems (IJMIS), 19(1), 21. https://doi.org/10.19030/ijmis.v19i1.9086

Faradila, R. S. N., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Toko Online berrybenka.com di Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro). JURNAL STUDI MANAJEMEN ORGANISASI, 13(2), 149. https://doi.org/10.14710/jsmo.v13i2.13406

Gefen, D. (2002). Customer Loyalty in E-Commerce. Journal of the Association for Information Systems. https://doi.org/10.17705/1jais.00022

Hair. (2010). Multivariate Data Analysis. Seventh Edition. Prentice Hall. In Exploratory Data Analysis in Business and Economics. https://doi.org/10.1007/978-3-319-01517-0_3

Heijden, H. Van Der, Verhagen, T., & Creemers, M. (2003). Understanding online purchase intentions: Contributions from technology and trust perspectives. European Journal of Information Systems, 12(1), 41–48. https://doi.org/10.1057/palgrave.ejis.3000445

Kartika, H. dan. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. JOURNAL OF APPLIED BUSINESS ADMINISTRATION, 2(1), 152–165. https://doi.org/10.30871/jaba.v2i1.763

Kim, D. J., Ferrin, D. L., & Rao, H. R. (2008). A trust-based consumer decision-making model in electronic commerce: The role of trust, perceived risk, and their antecedents. Decision Support Systems, 44(2), 544–564. https://doi.org/10.1016/j.dss.2007.07.001

Kotler, P. (2012). Kotler P. Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Educ Int. 2012. Pearson Education International.

Leeraphong, A. (2013). Trust and Risk in Purchase Intention through Online Social Network: A Focus Group Study of Facebook in Thailand. Journal of Economics, Business and Management, 314–318. https://doi.org/10.7763/joebm.2013.v1.68

Lui, H. K., & Jamieson, R. (2003). TriTAM: a model for integrating trust and risk perceptions in business-to-consumer electronic commerce. 16th Bled Electronic Commerce eTransformation, (September 2001), 349–364. Retrieved from http://domino.fov.uni-mb.si/proceedings.nsf/Proceedings/59F20922093D0863C1256EA1002D3513/$File/26Lui.pdf

Nurmalasari, P. S., Kertiayasa, N., & Nurcaya, N. (2015). Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Pengaruh Persepsi resiko Terhadap Niat Beli (Studi Pada Konsumen Lampu LED Merek Philips Di Kota Denpasar). Ilmu Manajemen, 5(1), 77–88.

P.A., P. (2003). Consumer acceptance of electronic commerce: integrating trust and risk with the technology acceptance model. International Journal of Electronic Commerce, 7(3), 69–103.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. In salemba empat.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behavior 10th Edition. In Pearson Education.

Shan, S., Hua, F., & Zeng, Q. (2010). B2C e-commerce consumer decision-making model based on perceived benefit and perceived risk. Proceedings of the International Conference on E-Business and E-Government, ICEE 2010, 2222–2225. https://doi.org/10.1109/ICEE.2010.561

Sherchan et al. (2013). A survey of trust in social networks. ACM Computing Surveys, 45(4). https://doi.org/10.1145/2501654.2501661

Sugiyono, P. D. metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. , Alfabeta, cv. 233 (2016).

Sunyoto, D. (2011). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. In Buku seru (p. 93).

Suresh, A. M., & Shashikala, R. (2011). Identifying Factors of Consumer Perceived Risk towards Online Shopping in India. 2011 3rd International Conference on Information and Financial Engineering, 12, 336–341. Retrieved from http://www.ipedr.com/vol12/61-C137.pdf

Thurau et al., T. (2010). The impact of new media on customer relationships. Journal of Service Research. https://doi.org/10.1177/1094670510375460

Trisnawati et al. (2012). Analisis Faktor-faktor Kunci Dari Niat Pembelian Kembali Secara Online (Study Kasus Pada Konsumen Fesh Shop). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 19(2), 126–141. https://doi.org/1412-3126

Venkatesh, V., Morris, M., Davis, G., & Davis, F. (2003). Technology Acceptance Model - Research. MIS Quarterly, 425–478.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510

Telp : 021 5674223 ext 266

email : publikasi@esaunggul.ac.id