FAKTOR-FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN BUAH LOKAL PADA MASA PANDEMI COVID 19

Resista Vikaliana, Antoni Ludfi Arifin, Siti Mariam, Irwansyah Irwansyah, Yusup Rachmat Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan  mengetahui faktor-faktor yang mendorong konsumen memutuskan untuk membeli buah lokal selama masa pandemi Covid 19.  Penelitian dilakukan pada masa pandemi Covid 19 tahun 2020 dengan pendekatan  kuantitatif.  Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner pada 322 sampel, yang kemudian dianalisis dengan analisis faktor Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner terhadap responden penelitian selama masa pandemi Covid 19 pada tahun 2020. Sampel ditarik dengan dengan simple random sampling dari populasi konsumen yang mengonsumsi buah lokal selama tahun 2020, 322 responden bersedia melakukan pengisian kuesioner.  Hasil  penelitian diolah dengan bantuan software SPSS versi 26.  Hasil penelitian  membuktikan hipotesis dengan nilai signifikansi 0,00 bahwa faktor yang diteliti memiliki korelasi untuk dianalisis lebih lanjut.  Selain itu, hasil  penelitian  menunjukkan bahwa dari 10 faktor yang diteliti yaitu keragaman buah lokal, kualitas buah lokal, kebersihan buah lokal, kesegaran buah lokal, harga buah lokal, gaya hidup sehat, tingkat pendapatan, keinginan dan kebutuhan, bentuk buah lokal, dan warna buah lokal kemudian tereduksi menjadi dua variabel yaitu variabel persepsi kualitas dan variabel preferensi konsumen.


Keywords


keputusan pembelian. buah lokal, pandemi Covid 19, analisis faktor

References


Anggasari, P., Yuliati, L. N., & Retnaningsih. (2013). Pengaruh Ethnosentrisme terhadap Sikap, Preferensi, dan Perilaku Pembelian Buah Lokal dan Impor. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 10(2), 128–136.

Barus, A., & Syukri. (2008). Agroteknologi Tanaman Buah-buahan. USU Press.

Dzikrayah, F. (2020). Perilaku Konsumen Muslim terhadap Konsumsi Food and Beverage pada Masa Pandemi Covid-19. Al Muamalat: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 7(1).

Irianto, Fitriarni, D., & Arahman, E. (2021). Analisa Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Jajanan Pasar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang. Journal of Food System and Agribusiness, 5(1), 19–27.

Istoto, S., & Subagja, I. K. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Buah Melon PT. Syafina Niaga. 6(2).

Kamelia, M., Supriyadi, & Afif, D. N. Y. (2021). Gambaran Konsumsi Makanan Olahan Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19. PROSIDING PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran (Edisi 11 J). PT Indeks.

Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). PT Indeks.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principle of Marketing. Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (n.d.). Marketing Management.

Lupiyoadi, R., & Ikhsan, R. B. (2015). Praktikum Metode Riset Bisnis. Salemba Empat.

Rochaeni, S. (2013). Analisis persepsi, kesadaran, dan preferensi konsumen terhadap buah lokal. Agribisns, 7(1).

Santosa, P. I. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Pengembangan Hipotesis dan Pengujiannya Menggunakan SmartPLS). Penerbit Andi.

Saputro, A. A., Saputra, Y. D., & Prasetyo, G. B. (2020). Analisis Dampak Covid-19 terhadap Kesadaran Masyarakat dalam Penerapan Protokol Kesehatan. Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (PORKES), 3(2), 81–92.

Simbolon, N. S. D. K., Zargustin, D., & Nizar, R. (2018). Hubungan persepsi konsumen dengan perilaku mengkonsumsi buah lokal di pasar tradisional arengka kecamatan tampan kota pekanbaru. Agribisnis, 20(1), 75–85.

Sumarwan, U., & Palupi, E. (2017). Preferensi konsumen terhadap buah-buahan lokal dan organik serta implikasinya terhadap pendidikan konsumen cinta produk nasional. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(2), 157–168.

Sunarjono, H. H. (2000). Prospek Berkebun Buah. Penebar Swadaya.

Sungkawa, I., Purnomo, D., & Fauziah, E. (2015). Hubungan Antara Persepsi dan Preferensi Konsumen dengan Pengambilan Keputusan Pembelian Buah Lokal (Studi Kasus di Pasar Harjamukti, Pasar Pagi, dan Pasar Kanoman Kota Cirebon). Agrijati, 28(1), 79–99.

Tarigan, A. R., Hadi, S., & Sayamar, E. (2014). Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Buah Lokal di Pasar Tradisional Arengka Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Pertanian, 1(1), 1–14.

Trisna, D. (2017). Analisis Perilaku Konsumen terhadap Pembelian Produk Buah Lokal di Pasar Modern Kota Palopo. PERBAL: Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 5(2).

Vikaliana, R., & Irwansyah. (2019). Pengolahan Data dengan SPSS. CV AA RIZKY. https://ideas.repec.org/p/osf/thesis/zhym7.html

Yuliawati, Marina, I., & Sumantri, K. (2020). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Buah Mangga( Mangifera indica L ). Agrivet: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Dan Peternakan, 8(1), 44–50.

Zulkarnain. (2009). Dasar-dasar Hortikultura. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v12i02.4309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.