Analisis Komparatif Preferensi Konsumen dalam Belanja Online

Stephanie Parengkuan, Nina Nurhasanah

Abstract


Consumers have become a demanding target and an important factor to running fashion business. Fashion is accepted by the consumers and influences their behavior in many ways to buy a new product. Shopping is an activity that certainly done because of need or simply to fulfill a desire. The aim of this study was to analyze consumer preferences in online shopping between Tokopedia and Shopee based on price factor, website quality, product diversity and convenience. This research was conducted by quantitative method, which uses primary data obtained through questionnaires and uses Independent Sample t-test as an analysis tool. Analysis and discussion of this study found that there were significant differences between Tokopedia and Shopee as measured by the price and diversity of products, and there was no significant difference measured from the factors of website quality and convenience. From these results also showed the average consumer preference is more dominant on Tokopedia than Shopee in terms of price, website quality and product diversity, while Shopee has a way of comfort greater than Tokopedia. This means that consumers prefer to buy at Tokopedia stores rather than Shopee, but Shopee can survive by attracting consumers with its convenience. With the current study of research, the advice applied in this study is that consumers are attracted to the website that are profitable for them and ultimately lead them to shopping online.

 

Konsumen telah menjadi target utama dan faktor penting untuk menjalankan bisnis fashion. Fashion diterima oleh konsumen dan mempengaruhi perilaku mereka dalam banyak cara untuk membeli produk baru. Belanja adalah suatu kegiatan yang pasti dilakukan karena perlu atau hanya untuk memenuhi keinginan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis preferensi konsumen dalam berbelanja online antara Tokopedia dan Shopee berdasarkan faktor harga, kualitas website, keragaman produk dan kenyamanan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, yang menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner dan menggunakan Independent Sample t-test sebagai alat analisis. Analisis dan diskusi dari penelitian ini menemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara Tokopedia dan Shopee yang diukur oleh harga dan keragaman produk, dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan diukur dari faktor kualitas website dan kenyamanan. Dari hasil ini juga menunjukkan rata-rata preferensi konsumen lebih dominan pada Tokopedia dari pada Shopee dalam hal harga, kualitas website dan keragaman produk, Sedangkan Shopee memiliki cara kenyamanan lebih besar dari Tokopedia. Artinya konsumen lebih suka membeli di toko Tokopedia daripada Shopee, namun Shopee dapat bertahan dengan menarik konsumen dengan kenyamanannya. Dengan studi tentang penelitian saat ini, saran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah bahwa konsumen tertarik terhadap situs penjualan yang menguntungkan bagi mereka dan akhirnya menyebabkan kecenderungan untuk berbelanja online.




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v12i02.4345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.