IDENTIFIKASI FAKTOR PENENTU MINAT BELI PADA PRODUK KECANTIKAN HIJAU
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi pengaruh produk hijau dan citra merek hijau terhadap minat beli produk hijau pada produk kecantikan. Isu lingkungan hidup disertai berbagai kampanye dan instruksi pemerintah dalam pengelolaan kerusakan lingkungan hidup mendorong preferensi konsumen dan produsen untuk mengkonsumsi dan memproduksi produk berkonsep ramah lingkungan. Keterbatasan penelitian dan kontradiksi dari penelitian sebelumnya mendorong penulis untuk mengetahui pengaruh produk hijau, citra merek hijau dan minat beli produk hijau dalam tren pemasaran hijau yang sedang berkembang di Indonesia saat ini. Data yang digunakan adalah data primer dengan kuesioner yang dikumpulkan dari 120 responden di Jabodetabek. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling yang kriteria sampel adalah perempuan berusia mulai dari 18 tahun, mengetahui dan menyukai produk perawatan kecantikan yang berhubungan dengan produk hijau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk hijau dan citra merek hijau akan bersama-sama mempengaruhi minat beli produk hijau dalam upaya pemasaran hijau. Sementara itu, hubungan antara produk hijau dan minat beli produk hijau perlu dimediasi oleh citra merek hijau. Hal ini memberikan masukan kepada produsen produk hijau khususnya pada industri perawatan kecantikan bahwa citra merek hijau menjadi hal yang penting dan krusial untuk menarik perhatian konsumen dalam rangka meningkatkan minat beli calon konsumen terhadap produk hijau.
Kata kunci : produk hijau, citra merek hijau, minat beli produk hijau
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v12i02.4373
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.