PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN MODEL OHIO DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN TATA RUANG KABUPATEN MAJALENGKA

Rini Novianty, Syarifuddin Syarifuddin

Abstract


Penelitian yang dilakukan penulis dilatarbelakangi oleh data realisasi capaian kinerja pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Majalengka dalam mencapai target yang ditetapkan.  Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan model ohio dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Majalengka. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif dan teknik analisis deskriptif. Responden yang digunakan adalah seluruh karyawan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Majalengka dan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan simple random sampling, dengan jumlah  sebanyak 80 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan model ohio berada pada kategori sangat baik, sedangkan variabel budaya organisasi berada pada kategori sangat baik, dan kinerja karyawan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Majalengka berada pada kategori sangat baik. Gaya Kepemimpinan Model Ohio dan Budaya Organisasi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap Kinerja Karyawan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Majalengka

Keywords


Management

References


Alfredo, J., & Cahyadi, L. (2020). PERSEPSI Etika Profesi Auditor Eksternal Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Esa Unggul. JCA of Economics and Business, 1(01).

Busro, M. (2018). Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Huseno, T. (2016). Kinerja Pegawai (Tinjauan dari Dimensi Kepemimpinan dan Misi Organisasi, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja). Malang: Media Nusa Creative.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik) . Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Mangkunegara, A. A. (2019). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia . Bandung : PT Refika Aditama.

Sinambela, L. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2013). Teori, Kuesioner, dan Proses Analisis Data Perilaku Organisasional. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v13i01.5326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.