PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, LIVE STREAMING, DAN CONTENT CREATOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MARKETPLACE TIKTOK SHOP

Cahyani Kurniastuti, Linda Septiani, Ismayudin Yuliyzar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruh online customer review, live streaming, dan content creator terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Tiktok Shop. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling, dan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling pada 100 Mahasiswa FAI UMT yang pernah membeli di aplikasi TikTok Shop dengan jumlah sampel 80 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner online dengan bantuan google form. Kuesioner diolah menggunakan bantuan statistik dengan analisis data menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara online customer review terhadap keputusan pembelian, dengan nilai koefisien 0.264, tingkat hubungan yang kuat dan kontribusi pengaruh 9,79%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara live streaming terhadap keputusan pembelian, dengan nilai koefisien 0.512 dengan tingkat hubungan yang kuat dan kontribusi pengaruh 34,66%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara content creator terhadap keputusan pembelian, dengan nilai koefisien 0.205 dengan tingkat hubungan yang kuat dan kontribusi pengaruh 9,68%.Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara online customer review, live streaming, dan content creator secara simultan terhadap keputusan pembelian secara simultan nilai Fhitung 29.835. dengan tingkat hubungan yang kuat dan kontribusi pengaruh 52.3%.

Kata kunci: Online Customer Review, Live Streaming, Content Creator, dan Keputusan Pembelian.


References


Addin Aditya, dkk. 2022. Metodelogi Penelitian Ilmiah dalam Disiplin Ilmu Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Andi Singkerru Rukka Idris. 2021. Skripsi: “Pengaruh Content Creator Platform Youtube Terhadap Minat Beli Smartphone Samsung Pada Siswa SMA Negeri 1 Selayar” Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Andi Wijaya, 2022. The Art Of Digital Marketing: Strategi Pemasaran Generasi Milenial. Bandung. CV Media Sains Indonesia.

Anggi Khairunnisa Ginting. 2021. Skripsi, Pengaruh Direct Marketing Dan Product Quality Terhadap Repurchase Intention Pada Live Streaming Marketing Shopee Live. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Ari Nurul Yusiani, dkk. 2021. Anak Muda dan Keuangan Jakarta: Redaksi.

Arista Atmadjati. 2018. Layanan Prima dalam Praktik Saat ini. Yogyakarta: Deepublish.

Astri R. Banjarnohar, dkk. 2021. Manajemen Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Bambang Sugeng. 2020. Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif Eksplanatif.

Yogyakarta: Deepublish.

Budi Darma. 2021. Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F, R2. Jakarta: Guepedia. Charlie, Skripsi: “Membangun Kepercayaan Dan Keterlibatan Konsumen Melalui Live Streaming Social Commerce Di Facebook” (Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2020

Didik Gunawan, dkk. 2022. Keputusan Pembelian SAFI Berbasis Media Marketing.

Padang Sidimpuan: PT Inovasi Pratama Internasional.

Dwi Aris Nurohman. 2022. Cara Kreatif Menghasilkan Uang dengan Menjadi Blogger,Youtuber atan Tiktoker. Jakarta: Elmarkazi. Haris

Nurdiansyah dan Robbi Saepul Rahman. 2022. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Diandra Kreatif. 106 Hermawan Kartajaya, Jacky Mussry,

Edwin Hardi. 2018. Planet Omni The New Yin Yang Of Business. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama I.

Ismayudin Yuliyzar dan Usman Effendi. 2020. Manajemen Pemasaran. Jakarta Timur: Edu Pustaka.

Janner Simarmata, dkk. 2021. Teknologi Informasi dan Multimedia. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

John Budiman Bancin. 2021. Citra Merek dan Word of Mouth. Surabaya: Jakad

Media Publishing.

Juli Meliza dan Kartika Sari Lubis. 2022. Manajemen Pemasaran dan Strateginya. Lombok Tengah:Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Ketut Swarjana. 2022. Populasi Sampel Teknik Sampling & Bias dalam Penelitian.

Yogyakarta: Andi.

Kruegger Tristanto Tumiwa, dkk. 2021. Tetap Kreatif dan Inovatif di Tengah Pandemi Covid-1. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Lathifah Edib. 2021. Menjadi Kreator Konten di Era Digital. Yogyakarta: Diva Press.

Latifa Putri and Harimukti Wandebori. 2016. “Factors Influencing Cosmetics Purchase Intention in Indonesia Based Online Review,” Journal international Conference on Ethics of Business, Economics and Social Science,Vol. 1.

Mohamad Miftah, dkk. 2021. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Purwokerto: Zahira Media Publisher. Mohammad Aldrin Akbar Dan Sitti Nur Alam. 2020. Ecommerce Dasar Teori Dalam Bisnis Digital. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Nugroho J. Setiadi. 2019. Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenada Media Group. Nugroho J. Setiadi. 2019. Perilaku Konsumen:Perspektif Kontemporer pada Motif,

Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Prenada Media Group.

Oscarius. 2019. Strategi Customer Relationship Marketing Upaya Meningkatkan Citra dan Keputusan Konsumen Menabung di Bank BRI Surabaya. Klaten: Lakeisha.

Puji Muniarty. 2022. Manajemen Pemasaran. Padang: PT.Global Eksekutif Teknologi.

Rizkana Aprieska, dkk. 2021. UMKM Sintas Pandemi, Strategi Bertahan dan Bertumbuh. Jakarta: Prasetiya Mulya Publishing.

Rudy Alfiyansah, dkk. 2021. Live Streaming di Laboratorium Keperawatan sebagai Upaua Meningkatkan Pemahaman Keterampilan Mahasiswa Studi Kasus pada Mata Kuliah Keperawatan Dasar. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management. Rusman Latief dan Yusiatie Utud. 2017. Siaran Televisi Nondrama. Jakarta: Kencana.

Sabaruddin Chaniago, dkk. 2021. Keputusan Pembelian Pengguna OVO ditinjau dari Kemudahan, Proce Discount dan Kepuasan. Surabaya: CV Global Aksara Per.

Sabtarini Kusumaningsih, Dkk. 2021. Buku Panduan Marketplace. Surabaya: CV. Global Aksara Pres.

Sholikhah, dkk. 2021. Manajemen Pemasaran Saat ini dan Masa Depan.

Cirebon:Insania.

Thoriq Aji Silmi. 2021. Skripsi, Efektivitas Penggunaan Aplikasi Media Streaming youtube dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI di Kelas XI IPA 2 SMAN MT Bojonegoro. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Titin Sumarni, Dkk. 2022. Strategi Peningkatan Ekonomi Dengan Memanfaatkan Market Place Melalui Media Internet (Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sungai Alam Kecamatan Bengkalis). Jakarta: CV. DOTPLUS Publisher.

Vivi Herlina. 2019. Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wasis. 2018. Pedoman Riset Praktis untuk Profesi Perawat. Jakarta:Kedokteran EGC.

Yeni Kustianingsih, Dkk. 2021. Pemanfaatan Media Sosial dan Marketplace Untuk Menigkatkan Produk Penjualan UMKM Di Masa Pandemi Covid 19. Malang: Media Nusa Creative.

Yenni Arfah. 2022. Keputusan Pembelian Produk. Padang Sidimpuan: PT Inovasi Pratama Internasional.

Yosef Tonce dan Yoseph Darius Purnama Rangga. 2022. Minat dan Keputusan Pembelian: Tinjauan melalui Persepsi Harga & Kualitas Produk. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Youngsun CHO. 2021. Why? Content Creator. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Berita Hari ini. 2020. Ini Asal Muasal TikTok Yang Kini Mendunia. https://m.kumparan.com/amp/berita-hari-ini/ini-asal-muasal-tiktok yang- kini-mendunia-1ss18 (diakses pada tanggal 18 september 2022, pukul 08.36




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v13i2.5952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.