ANALISIS BIBLIOMETRIK PENDAPATAN YOUTUBER INDONESIA

Muhammad Faisal Bachmid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi youtube sebagai sebuah bisnis baru atau profesi baru untuk generasi milennial dan Y. Metode penelitian ini yaitu tinjauan pustaka (literature review) dengan pendekatan bibliometric analysis untuk menganalisis 167 dokumen publikasi ilmiah yang terindeks pada database Scopus dan Google Scholar. Hasil penelitian dari aplikasi VOSviewer menunjukan perkembangan publikasi ilmiah global mengenai beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan melalui media sosial youtube yang dimulai pada tahun 2019 sampai dengan 2023 mengalami kenaikan dan penurunan setiap tahunnya. Dari penelitian ini diharapkan dapat mengubah pandangan pekerjaan youtuber dapat dikatakan layak, karena sumber penghasilan yang jelas dari mana asalnya, dan diharapkan juga dapat dijadikan sebagai referensi untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai topik pendapatan youtuber atau youtube.

Keywords


Bibliometrik, Youtube, Pendapatan Youtuber, VOSviewer, Media Sosial

References


Abed, S. S., Dwivedi, Y. K., & Williams, M. D. (2017). Social commerce adoption research from the consumer context: A literature review. In International Journal of Business Information Systems (Vol. 25, Issue 4). https://doi.org/10.1504/IJBIS.2017.085175

Ahmad, N., Saifudin, N., Salleh, N. M., Wiwittan, D., & Ngadiman, T. (2022). Pengaruh Kekerapan Menonton Youtube dan Sikap Terhadap Minat Untuk Menjadi Youtuber The Influence of Youtube Watching Frequency and Attitude towards Interest to Become a Youtuber. Online Journal for Tvet Practitioners, 7(1), 95–101. http://publisher.uthm.edu.my/ojs/index.php/ojtp

Budiyanto, A., Pamungkas, I. B., & Praditya, A. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli dan Keputuan Pembelian Konsumen: Analisis Bibliometrik. Jurnal Ekonomi Manajemen, 8(2), 133–142. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem

Chang, S. C., Wang, C. C., & Kuo, C. Y. (2020). Social media influencer research: An bibliometric analysis. International Journal of Electronic Commerce Studies, 11(2), 75–86. https://doi.org/10.7903/IJECS.1975

Donthu, N., Kumar, S., & Pattnaik, D. (2020). Forty-five years of Journal of Business Research: A bibliometric analysis. Journal of Business Research, 109(October 2019), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.10.039

Fadillah, D., Zheng Lin, L., & Hao, D. (2019). Social Media and General Elections in Malaysia 2018 and Indonesia 2019. In Jurnal Komunikasi ISKI (Vol. 04, Issue 01).

Fahimnia, B., Sarkis, J., & Davarzani, H. (2015). Green supply chain management: A review and bibliometric analysis. In International Journal of Production Economics (Vol. 162). Elsevier. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2015.01.003

Fuadi, F. (2022). Medkom: Jurnal Media dan Komunikasi Medkom: Jurnal Media dan Komunikasi Perkembangan Tren Publikasi Ilmiah tentang Media Sosial dan Pemilu: Sebuah Studi Bibliometrik. https://e-journal.unair.ac.id/Medkom

Ginting, P. S. B. (2022). Sejarah Youtube Dan Mengenal Pendiri Youtube, Platform Berbagi Video Terbesar Di Dunia. https://tis1.itbi.ac.id/sejarah-youtube-dan-mengenal-pendiri-youtube-platform-berbagi-video-terbesar-di-dunia/#:~:text=Youtube pertama kali didaftarkan secara,Karim yang memprakarsai berdirinya Youtube

Grid. (2023). Raffi Ahmad Bongkar Asal-usul Kekayaannya, Tak Terima Dituduh Sekongkol dalam Kasus Pencucian Uang Rafael Alun Trisambodo. https://www.grid.id/read/043751306/raffi-ahmad-bongkar-asal-usul-kekayaannya-tak-terima-dituduh-sekongkol-dalam-kasus-pencucian-uang-rafael-alun-trisambodo?page=all

Han, B. (2020). How do YouTubers make money? A lesson learned from the most subscribed YouTuber channels. International Journal of Business Information Systems, 33(1), 132–143. https://doi.org/10.1504/IJBIS.2020.104807

Harian Metro. (2020). YouTube jadi pilihan jana wang. https://www.hmetro.com.my/itmetro/2020/07/595805/youtube-jadi-pilihan-jana-wang

Nurfauzan, M. iqbal, & Faizatunnisa, H. (2021). Analisis Bibliometrik Trend Penelitian Covid-19 di Indonesia Pada Bidang Bisnis dan Manajemen. Jurnal Bisnis Strategi, 30(2), 90–100. https://doi.org/10.14710/jbs.30.2.90-100

Nurislaminingsih, R., Rachmawati, T. S., & Winoto, Y. (2020). Pustakawan Referensi Sebagai Knowledge Worker. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 169–182. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.169-182

Nurlinda, R. A., & Utami, P. (2019). Analisis Persepsi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap. Jurnal Ekonomi. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-14444-11_0096.pdf

Othman, N., Mohd Suki, N., & Mohd Suki, N. (2021). Evolution Trends of Facebook Marketing in Digital Economics Growth: A Bibliometric Analysis. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(20), 68–82. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i20.23741

Putri, A. K. (2022). Analisis Bibliometrik: Pengaruh Berita Di Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja Pada Lingkungan Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Common |, 5. https://doi.org/10.34010/common

Resqi, M. (2022). Marketing Communications: A Bibliometric Study In The Use Of Technology And Social Media For Marketing Komunikasi Pemasaran: Studi Bibliometrik Dalam Penggunaan Teknologi Dan Media Sosial Untuk Pemasaran. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 3, Issue 6). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(July), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Suleman, D., Sabil, & Suharyadi, D. (2021). Mengenal Perilaku Konsumen dan Konsep Strategi Pemasaran (Berbasis Teori dan Pendekatan Praktis). CV. Insan Cendekia Mandiri.

Supportgoogle. (2023). Ringkasan & persyaratan kelayakan Program Partner YouTube. https://support.google.com/youtube/answer/72851?hl=id

Widjanarko, A. R. W., & Yuhertiana, I. (2022). Analisis Pemanfaatan E-Commerce di Masa Pandemi Covid-19 pada UMKM Db Wood Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1556. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2574




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v14i01.6563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.