PENGARUH CSR DI SOCIAL MEDIA MELALUI E-WOM, LOYALITAS KONSUMEN UNTUK MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH
Lydia Permata Sari, Lukman Cahyadi
Abstract
Penggunaan kosmetik sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia khususnya wanita. Kosmetik digunakan sebagai produk perawatan untuk menjaga Kesehatan dan mempercantik diri, perkembangan kosmetik pun terbilang sangat cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh atau tidaknya CSR di social media melalui e-wom, loyalitas konsumen untuk meningkatkan keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah perempuan yang sudah pernah membeli kosmetik Wardah yang berada di social media. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan penyebaran data kuesioner secara online yang dilakukan pada bulan November 2022. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur melalui Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Berdasarkan hasil pengujian data pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa komunikasi CSR disocial media tidak berpengaruh positif dengan loyalitas konsumen, e-wom tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, CSR berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, e-wom tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, keputusan pembelian berpengaruh positif pada loyalitas konsumen.
Kata Kunci:Corporate social responsibility (CSR), E-wom, Keputusan pembelian, Loyalitas konsumen