PERAN PENDIDIKAN KONSUMEN DALAM MENINGKATKAN KESADARAAN KONSUMEN

Ullayya Ishmah Imani, Farah Mitha Aulia, Safa Amalia Dewi, Awwali Ibnu Wardaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan konsumen dalam meningkatkan kesadaran konsumen. Penelitian ini sebuah pengkajian dan pengumpulan literatur yang relevan. Sumber-sumber literatur yang digunakan berasal dari sumber sekunder seperti jurnal, buku cetak dan digital, serta sumber-sumber lain yang masih relevan dengan topik penelitian. Sehingga dalam penelitian ini, menggunakan penulisan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan konsumen memegang peranan krusial dalam memberdayakan masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas, kritis, dan bertanggung jawab. Hal ini sejalan dengan pendapat para ahli dan berbagai organisasi yang menekankan pentingnya pendidikan konsumen. Berikut beberapa peran penting pendidikan konsumen dalam meningkatkan kesadaran konsumen: 1) Memahami Hak dan Kewajiban 2) Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan 3) Meningkatkan Kepercayaan Diri 4) Mendorong Partisipasi Aktif, serta 5) Mempromosikan Praktik Bisnis yang Bertanggung Jawab.


Keywords


Pendidikan Konsumen, Kesadaran Konsumen, Peranan



DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v15i2.7866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.