Pengaruh Customer Orientation, Brand Comitment, Brand Risk Terhadap Brand Loyalty Pada Merek Bumi Susu Di Bogor
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh antar orientasi pelanggan dengan loyalitas merek melalui mediasi brand risk dan brand commitment. Metode kuantitatif dengan menggunakan objek susu sapi dan sampel 109 orang di Bogor. Populasi yang dicakup meliputi konsumen Bumi Susu yang berada di kota/kabupaten Bogor dengan sampel orang 17-50 tahun yang mengkosumsi rutin 1 minggu sekali. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probalility sampling dengan mengambil purposive sampel. Pengolahan data dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) untuk mengatahui direct effect dari hubungan customer orientatin dengan brand loyalty dan indirect effect dengan melihat hubungan customer orientation dengan brand loyalty melaui mediasi brand risk dan brand commitment. Hasil penelitian ini menunjukan hubungan yang tidak signifikan antara customer orientation dengan brand loyalty tetapi dilakukan mediasi brand risk dan brand commitment untuk menghubungkan customer orientation dengan brand loyalty. Hubungan tidak langsung dengan mediasi tersebut berpengaruh positif dan signifikan. Penelitian ini mempunyai implikasi manajerial untuk usaha mempertimbangkan brand risk dan brand commitment yang dapat mempengaruhi brand loyalty sehingga perusahaan dapat bertahan dalam persaingan usaha. Brand loyalty adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pembelian berulang yang akan mempengaruhi penjualan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v16i01.8577
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.