Hubungan Persepsi Mahasiswa Akademi Fisioterapi UKI Tentang Profesi Fisioterapi dengan Motivasi Belajar Tahun 2004

Renita Juwita, Muhammad Irfan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Persepsi Mahasiswa Akademi  Fisoterapi UKI tentang Profesi Fisioterapi dan gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa  Akademi Fisioterapi UKI serta hubungan kedua variabel tersebut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2004. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian kuesioner kepada mahasiswa Akademi Fisioterapi UKI tingkat 1,tingkat 2 dan tingkat 3 yang menggunakan sampel sebanyak 60 mahasiswa (responden) kemudian memberikan skor dari masing-masing pernyataan kuesioner. Akademi Fisioterapi merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menghasilkan tenaga fisioterapi diharapkan mampu menghasilkan tenaga fisioterapi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat baik kualitas maupun kuantitasnya yang salah satu faktornya adalah pencapaian hasil belajar mahasiswa tersebut. Selain peran pendidik motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang profesi fisioterapi mempunyai hubungan timbal balik terhadap hasil belajar mereka selama proses pendidikan di Akademi Fisioterapi maupun dalam menjalankan profesinya sebagai fisioterapis. Menurut Hocberg (1969) hubungan persepsi dengan tingkahlaku itu sangat erat sebab dalam persepsi khususnya persepsi sosial mempunyai pengaruh terhadap individu dalam mencapai tujuan. Maka persepsi yang positif terhadap profesi fisioterapi diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan antara persepsi mahasiswa Akademi Fisioterapi UKI tentang profesi fisioterapi dengan motivasi belajar. Dari hasil uji statistik dengan analisis Korelasi Pearson diperoleh ada hubungan yang bermakna tetapi lemah antara persepsi tentang profesi fisioterapi dengan motivasi belajar dengan P value=0,003.

Kata Kunci: Profesi Fisioterapi, Persepsi, Motivasi Belajar

References


Anoraga Pandji, â€Psikologi Kerjaâ€, Cetakan ketiga, PT Rineka Cipta, Jakarta, 2001.

Djaali H, Muljono Pudji, Ramli, â€Pengukuran Dalam Bidang Pendidikanâ€, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 2000.

Hasan Iqbal, â€Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Statistik Interferensif)â€, Edisi kedua, Bumi Aksara, Jakarta, 2002.

Hasan Iqbal, â€Statistik 1â€, Cetakan pertama, Edisi kedua, PT Bumi Aksara, Jakarta, 2002.

Munir Baderel, â€Dinamika Kelompokâ€, Cetakan pertama, Universitas Sriwijaya, Indralaya, 2003.

Notoadmojo, Soekidjo, â€Metode Pendidikan dan Pengajaranâ€, Badan Penerbit Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Jakarta, 1989.

Notoadmojo Soekidjo, â€Metode Penelitian Kesehatanâ€, Cetakan Kedua, Edisi Revisi, PT Rineka Cipta, Jakarta, 2002.

Riduwan, â€Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitianâ€, Cetakan kedua, CV Alfabeta Bandung, 2003.

Santoso, â€Latihan SPSS Statistik Parametrikâ€, PT Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia, Jakarta, 2004.

Siagian. P, Sondang, â€Teori Motivasi dan Aplikasinyaâ€, Edisi pertama, Bina Aksara, Jakarta, 1969.

Slameto, â€Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinyaâ€, Cetakan keempat, PT Rineka Cipta, Jakarta, 2003.

Sobur Alex, “Psikologi Umumâ€, CV Pustaka Setia, Jakarta, 2003.

Sugiyono, “Metodologi Penelitian Bisnisâ€, CV Alfabeta, Bandung, 2000.

Sugiyono, â€Statistika Untuk Penelitianâ€, Cetakan keenam, CV Alfabeta, Bandung, 2004.

Winkel, â€Psikologi Pengajaranâ€, PT Grasindo, Jakarta, 1996.




DOI: https://doi.org/10.47007/fisio.v6i2.590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

View My Stats