KEPEMIMPINAN BERBASIS SPIRITUAL

Ritta Setiyati, Lestanto Pudji Santosa

Abstract


Kepemimpinan merupakan faktor yang sangat menentukan dalam keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya. Seorang pemimpin memainkan suatu peran dalam memberikan nilai tambah dan masa depan yang lebih baik kepada organisasi dan orang-orang yang dipimpinnya. Pemimpin adalah tokoh penting dalam menentukan kemajuan, daya saing dan kemandirian bagi suatu organisasi. Tidak semua pemimpin mampu menjadi pemimpin yang efektif dan berhasil melakukan perubahan-perubahan bagi organisasi yang dipimpinnya. Banyak pemimpin yang gagal dalam menjalankan perannya sebagai seorang pemimpin. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pemimpin yang tidak sepenuh hati melayani, tidak memberikan rasa aman dan nyaman bagi bawahannya, tidak memberikan rasa keadilan serta tidak memberikan kesejahteraan bagi orang-orang yang dipimpinnya. Untuk menyelesaikan permasalahan di atas, sangat dibutuhkan seorang pemimpin yang mempunyai kualitas Kepemimpinan berbasis Spiritual dalam mempimpin. Sehingga diharapkan pemimpin tersebut dapat melakukan perubahan-perubahan dalam rangka memajukan organisasinya.

 

Kata Kunci : Kepemimpinan, Kepemimpinan Spiritual.

References


Effendi, Usman, 2015. Asas Manajemen, Edisi Kedua, Rajawali Press, Jakarta.

Rahmawaty, Anita, 2016. Model Kepemimpinan Spiritual Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan di BMT se-Kabupaten Pati, Jurnal Iqtishadia Vol 9, No 2.

Sunyoto, Danang dan Burhanudin, 2011. Perilaku organisasi, Penerbit Caps, Yogyakarta.

Sureskiarti, Enok, 2015. Pengaruh Spiritual Leadership Terhadap Kinerja Perawat dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan di RSUD Dr. H. Suwondo Kendal, Tesis, Program Studi Managemen Keperawatan, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang.

Tambunan, Toman Sony, 2016. Kepemimpinan Berbasis Kecerdasan Spiritual: Esensi Kepemimpinan Sejati, The Ary Suta Center Series On Strategic Management, Jakarta.

Terry, Robert W, 2002. Kepemimpinan Autentik Keberanian untuk Bertindak (Terjemahan), Penerbit Interaksa, Jakarta.

Thoha, Miftah, 2012. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya, Rajawali Press, Jakarta.

Tobroni, 2005. Perilaku Kepemimpinan Spiritual Dalam Pengembangan Organisasi pendidikan dan Pembelajaran, Kasus Lima Pemimpin Pendidikan di Kota Ngalam, Disertasi Doktor Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta,

Widyarini, Nilam, 2010. Kepemimpinan Spiritual untuk Kejayaan Indonesia (Mengungkap Relevansi Konsep Kepemimpinan Spiritual dari Fry dengan Kepemimpinan Nusantara yang Etis Universal), Jurnal Paramadina, Edisi Khusus, Vol 7 No 2, Juni 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]