KAJIAN HUBUNGAN DAN PENGARUH HUMAN DEVELOPMENT INDEX (HDI) TERHADAP GROSS DOMESTIC PRODUCT (GDP) PADA 6 (ENAM) NEGARA ANGGOTA ASEAN PADA TAHUN 2010 – 2015

Elistia Elistia

Abstract


Pertumbuhan ekonomi menjadi faktor yang penting dalam keberhasilan perekonomian suatu negara, sehingga setiap negara akan selalu berusaha untuk meningkatkan pertumbuhan ekonominya. Terdapat sejumlah faktor yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, yaitu pembangunan manusia. Tingkat pembangunan manusia dalam suatu negara dapat ditunjukkan dalam nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI). Sedangkan tingkat pertumbuhan suatu negara ditunjukkan dalam nilai Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Product (GDP). Seperti yang telah diketahui bahwa Masyarakat Ekonomi ASEAN mulai berlaku pada tahun 2015 lalu, hal ini tentu saja menjadi peluang dan tantangan masing – masing negara dalam pengelolaan SDM dan IPTEKS nya. Masing – masing negara anggota ASEAN memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi dan kualitas SDM yang dapat dijadikan sumber kekuatan negara. Bagaimana dan seberapa pengaruh kekuatan SDM ditunjukkan dalam nilai HDI-nya yang mampu mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi yang ditunjukkan dalam nilai GDP-nya. Berdasarkan pemikiran hal tersebut di dalam penelitian ini akan mengkaji pengaruh HDI terhadap pertumbuhan ekonomi di 6 (enam) negara-negara anggota ASEAN selama jangka waktu 2010 – 2015, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Filipina, terhadap pertumbuhan ekonomi nya dalam GDP-nya. Penelitian ini menggunakan metode analisis korelasi dan regresi sederhana dengan menggunakan alat analisis untuk membantu mengolah data dan pengujian hipotesis dengan program SPPS 20 for Windows. Sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari laporan tingkat pertumbuhan ekonomi dilihat dari nilai Gross Domestic Product (GDP) dan nilai Human Development Index (HDI) dari 6 (enam) negara anggota ASEAN selama periode tahun 2010 sampai dengan 2015 yang di release oleh beberapa lembaga internasional seperti United Nations Development Programme (UNDP), ASEAN Secretariat, Asian Development Bank (ADB), Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), World Bank dan World Economic Forum (WEF).

 

Kata kunci: Indeks Pembangunan Manusia, Produk Domestik Bruto, Pertumbuhan Ekonomi, Negara ASEAN, Masyarakat Ekonomi ASEAN


References


Daftar Pustaka

ASEAN Secretariat Statistical Yearbook, 2015

Ciobanu Oana-Georgiana Neamțu Daniela-Mihaela, 2015, Correlations Between Human Development and Economic Growth, Annals of the "Constantin Brâncuşi†University of Târgu Jiu, Economy Series, Issue 1, volume I/2015, p.121.

Klugman J. - lead author, Human Development Report 2010- The Real Health of Nations: Pathways to Human Development, Published for the UNDP, 2000.

Mihuţ Ioana Sorina, 2013, Economic Growth And The Convergence Criteria Within Emerging Economies Of Central And Eastern Europe, Doctoral Thesis, Cluj-Napoca, p.19.

Ramirez, A., Ranis, G., Stewart F., 1998, Economic Growth and Human Development, Working Paper. Yale University.

Ranis, G., Stewart, F.& Ramirez, A. (2000). Economic growth and human development. QEH Working Paper # 18.

Ranis Gustav, 2004, Human Development and Economic Growth, Yale University, Center Discussion Paper No.887.

Ranis, G., Stewart F., 2005, Dynamic Links between the Economy and Human Development, United Nations, Department of Economics and Social Affairs, Working Papers, No.8.

Sacchidananda Mukherjee and Debashis Chakraborty, 2010, Is there any relationship between Economic Growth and Human Development? Evidence from Indian States, Munich Personal RePEc Archive (MPRA) Paper No. 22997, posted 1. June 2010.

Swaha Shome, Sarika Tondon, 2010, Balancing Human Development With Economic Growth: A Study of Asean 5, Annals of the University of PetroÅŸani, Economics, 10 (1), p.335-348.

Stewart, G., Ramirez, F., 2000, A Economic Growth and Human Development, World Development, Vol. 2, pp. 197-219, 2000.

United Nations Development Programme (UNDP), Human Development Report.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]