MODEL RANCANGAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF DAN INOVATIF DENGAN PENDEKATAN UNIFIED MODELING LANGUAGE

Malabay Malabay

Abstract


Abstract

The importance and needs of the learning model of an Education Foundation that wants a touch of Information or Electronic Technology on the process of pursuit, which is expected to improve the creative and innovative quality of students and teachers to a competitive resource ready for the constraints and challenges of some form. data or information, the expected management process can provide an overview of its application form, the use of tools in the process. The primacy of research, the formation of learning models, creative and innovative with integrated modeling language from other sisis can provide ease of understanding the flow of data or documents described through several diagrams.. Descriptive qualitative research method by conducting field observation and interviews to the teachers or the person in charge of learning as the primary data that will be used as input material of the learning process, then enter the learning model model, with creativity and innovative with integrated modeling language by paying attention to the rules every stage.

Keywords: model, design, learning

 

Abstrak

Kepentingan dan kebutuhan model rancangan mengambil tempat pada sebuah Yayasan Pendidikan yang menginginkan sentuhan Teknologi Informasi atau elektronik pada proses pembejaran, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas kreatif dan inovatif siswa dan gurunya menuju sumberdaya yang berdaya saing yang siap akan hambatan dan tantangan dari beberapa permasalahan seperti kebutuhan data atau informasinya, proses uraian data atau analisis, proses rancangan yang diharapkan dapat memberikan gambaran tentang wujud aplikasinya, penggunaan perangkat dalam  proses rancangan. Keutamaan penelitian, berupa terbentuknya model rancangan pembelajaran aktif, kreatif dan inovatif dengan pendekatan unified modeling language yang dari sisi lain dapat memberikan kemudahan pemahaman aliran data atau dokumen yang dideskripsikan melalui beberapa diagram. Metode penelitian bersifat kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi lapangan dan wawancara kepada guru-guru atau penanggungjawab pembelajaran sebagai data primer yang akan dijadikan bahan masukan proses analisis, kemudian masuk pada proses model rancangan pembelajaran aktif, kreatif dan inovatif dengan pendekatan unified modeling language dengan memperhatikan kaidah-kaidah dalam setiap tahapan.

 

Kata kunci : model, rancangan, pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Bungin, Burhan. (2008). Penelitian Kualitatif: Komunikai, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya, Kencana, Prenada Media Group, Jakarta.

Creswell, John W. (2010). Research Design Pendekatan, Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Cetakan I, Pustaka Pelajar,Yogyakarta.

http://belajarpsikologi.com/pengertian-dan-tujuan-pembelajaran/, diakses :Jum’at , 19 Mei 2017 : 11.30.

https://www.tutorialspoint.com/uml/, diakses :Jum’at , 19 Mei 2017 : 11.10.

Pressman, Roger S. (2001). Software Engineering, a Practitioner's Approach. McGrawHill.

RISTEKDIKTI. (2017). Panduan Pelaksanaan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Perguruan Tinggi Edisi XI Tahun 2017. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]