REPRESENTASI KEPEMIMPINAN DEMOKRASI DALAM BUKU TEKS ELEKTRONIK EFL PADA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Nilai-nilai kepemimpinan demokrasi memiliki peranan penting dalam kehidupan para siswa. Oleh karena itu, nilai-nilai tersebut harus ditanamkan sedini mungin kedalam jiwa mereka dengan cara menggabungkan spirit kepemimpinan demokrasi ke dalam proses pemebelajaran sebagai pengetahuan dasar bagi mereka untuk hidup di masyarakat. Salah satu strategi yang dapat didaptasi adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai tersebut ke dalam topik diskusi dari buku tesk siswa, termasuk buku teks Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi aktivitas-aktivitas kepemimpinan demokrasi dalam materi ajar dari buku teks EFL untuk kelas VII SMP “Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama: Contextual Teaching and Learning†yang dipublikasi oleh Pusat Perbukuan, Depdikbud. Kualitatif Konten Analisis digunakan untuk menganalisis represenatasi empat aktivitas yang sering dilakukan dalam pemilihan pemimpin demokrasi; pendaftaran calon, kampanye, pemungutan suara, dan pengumuman pemimpin terpilih. Temuan-temuan dari penelitian ini menunjukan tak satupun topik diskusi tentang kepemimpinan demokrasi direpresentasi dalam teks, instruksi, pertanyaan, dan ilustrasi dalam buku teks siswa tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa buku teks tersebut kurang mendukung para siswa untuk mendapatkan pengetahuan tentang kepemimpinan demokrasi saat belajar bahasa Inggris.
Â
Kata kunci: kepemimpinan demokrasi, proses belajar mengajar, buku teks elektronikFull Text:
PDFReferences
Akbar, R. (2016). An Analysis of selected eleventh grade English textbooks. Journal of English and Education, 2016(1), 109–126. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/192500-EN-none.pdf
American, M., & Khaivar, A. (2014). Textbook Selection, Evaluation and Adaptation Procedures. International Journal of Language Learning and Applied Linguistics World, 6(1), 523–533.
Andayani, D. (2019). detiknews pemilih 5 juat. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4215354/ada-5-juta-pemilih-pemula-di-pemilu-2019
Anggraeni, T. (2018). judul. Retrieved from https://nasional.kontan.co.id/news/pemilih-pemula-dominasi-pemilu-2019-apa-dampaknya
Anyanwu, S., & Iwuamad, F. (2015). Student-centered Teaching and Learning in Higher Education: Transition from Theory to Practice in Nigeria. International Journal of Education and Research, Vol. 3(No. 8), 349–358.
Bessant, J. (2003). Youth Participation: A New Mode of Government. Policy Studies, 24(2-3), 87–100. https://doi.org/10.1080/0144287032000170984
Chepkonga, M. T., Ogoti, E., Jepkoech, T., & Momanyi, M. (2015). Influence of head teachers ’ democratic leadership style on students ’ academic performance in public secondary schools in Marakwet sub-county , Kenya. International Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(July), 274–277. https://doi.org/http://www.allsubjectjournal.com/archives/2015/vol2issue7/PartE/2-7-11.pdf
Choi, S. (2007). Democratic Leadership : The Lessons of Exemplary Models for Democratic Governance. International Journal of Leadership Studies, 2, 243–262.
Elo, S., Kääriäinen, M., Kanste, O., Pölkki, T., Utriainen, K., & Kyngäs, H. (2014). Qualitative Content Analysis: A Focus on Trustworthiness. SAGE Open, 4(1), 215824401452263. https://doi.org/10.1177/2158244014522633
Muhammad Idham dkk. (2018). Walikota Di Kota Makassar ( Studi Pada Siswa Sma. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/11613/1/jurnal pdf.pdf
Okoroji, L. ., Anyanwu, O. ., & Ukpere, W. I. (2014). Impact of Leadership Styles on Teaching and Learning Process in Imo State. Mediterranean Journal of Social Sciences, (April). https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n4p180
Sequeira, A. H. (2012). Introduction to Concepts of Teaching and Learning. SSRN Electronic Journal, (September 2012). https://doi.org/10.2139/ssrn.2150166
Triwardani, R., & Wiendijarti, I. (2015). Reception Analysis of Beginner Voter toward the Political Party Advertising of the Winning in the Election 2014. International Journal of Social Science and Humanity, 6(10), 779–784. https://doi.org/10.18178/ijssh.2016.v6.748
Wardhani Nur, P. S. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Pemilihan Umum. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 57. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8407
Ziduli, M., Buka, A. M., & Molepo, M. (2019). Leadership Styles of Secondary School Principals : South African Cases. 22(2018), 1–10. https://doi.org/10.31901/24566322.2019/23.1-3.911
Peraturan
Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia No. 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019
Internet
:http://www.exfordps.vic.edu.au/wp-content/uploads/pdf/2017-School-Captains-speeches.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]