PENGARUH PEMBELAJARAN MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI SEORANG WIRAUSAHA

Amo Sugiharto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah materi yang disampaikan dan cara penyampaian materi berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi seorang wirausaha. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini  berupa pengambilan data secara langsung melalui penyebaran kuesioner terhadap sejumlah 86 mahasiswa yang telah lulus menyelesaikan Mata Kuliah Kewirausahaan pada semester genap 2018/2019  di seksi KJ014 dan KJ015 Universitas Esa Unggul sebagai responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode acak sederhana.  Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode statistik analisis  regresi berganda dengan menggunakan software statistical product and service solution (SPSS). Analisis data dengan menggunakan SPSS, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh materi yang disampaikan dan cara penyampaian materi terhadap minat mahasiswa menjadi seorang wirausaha dengan persamaan Minat = 0.133 + 0.347materi + 0.569cara

 

Kata kunci: mahasiswa, wirausaha, minat.

Full Text:

PDF

References


Kuncoro, Mudrajad, Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi-Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis, Edisi 4, Penerbit Erlangga, 2013, Jakarta. (2013), 2013.

Mudjiarto, Wahid, A. (2008). Kewirausahaan, Motivasi dan Prestasi dalam Karier Wirausaha (Pertama). Jakarta: UEU University Press.

Priyatno, D. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset.

Ramadhani, Nova, Tiara, Nurnida, I. (2017). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ecodemica, 1(1).

Rupiasih, T. (2015). Peran Pembelajaran Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. Yogyakarta.

Sari, Novita, E. (n.d.). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Ber-Entrepreneur.

Wilfa, R. (2016). Pengaruh Persepsi Pemilik Terhadap Laporan Keuangan dan Pemahaman Akuntansi Pelaku Usaha Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada UMKM Fashion di Kabupaten Sleman. Yogyakarta.

Wiratmo, M. (1996). Pengantar Kewiraswastaan, Kerangka Dasar Memasuki Dunia Bisnis (Pertama). Yogyakarta: BPFE.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]