MODEL PENGELOLAAN ANALISIS KEBIJAKAN AKADEMIS DI FAKULTAS ILMU KOMPUTER DENGAN PENDEKATAN REKAYASA INFORMASI

Malabay Malabay, Diah Aryani, Mulyo Wiharto

Abstract


Di Era Digitalisasi kualitas kehidupan ditentukan oleh kemampuan mengelola teknologi informasinya. Untuk hal tersebut lembaga pendidikan bertanggung jawab menciptakan lulusan yang berkualitas sisi semua bidang, terutama dibidang teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi khususnya pada kemampuan rekayasa informasi memberi peluang dimasa depan yang dimiliki oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif yaitu melakukan observasi lapangan dengan melakukan wawancara kepada Sumber Daya Manusia di Fakultas sebagai data primer yang akan dijadikan bahan masukan proses analisis kebijakandengan memperhatikan metode PIECES. Dengan uraian tersebut diatas sisi akademis sangat berperan untuk menghasilkan kualitas kelancaran akademis atas arah kebijakan yang ditentukan dengan pemahaman dan konsistensi kebijakan bermodel dan bersifat integrasi yang bernode pada data, kegiatan dan kebijakan yang beruang pada kewenangan pimpinan, adanya kebutuhan dan pengguna.

 

Kata kunci: model, kebijakan akademis, rekayasa informasi

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. (2008). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.

Creswell, John W. (2010). ResearchDesign Pendekatan, Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, CetakanI, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

LPPM. (2020). Handbook Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Esa Unggul, Jakarta.

LPPM. (2020). Juknis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Malabay. (2006). Laporan Penelitian Dosen Muda, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas YARSI, Jakarta.

Malabay, Geggy Gamal, Jhon Viter M. (2016). Laporan Penelitian Hibah Bersaing : Pemodelan Trepan Teknologi Informas Melalui Produk Kreatif Sebagai Upaya Inspirasi dan Inovasi Usaha Mikro Kecil Menengah, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Martin, James. (1989). Information Engineering, Book I:Prentice-Hall, Inc.

Pressman, Roger S. (2001). Software Engineering, a Practitioner's Approach, McGrawHill.

RISTEKDIKTI. (2019). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi, EDISI XII EDISI REVISI, Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Jakarta.

Witarto. (2004). Memahami Sistem Informasi: Pendekatan Praktis Rekayasa Sistem Informasi Melalui Kasus-Kasus Sistem Informasi Di Sekitar Kita, Bandung: Informatika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]