FENOMENA ADIKSI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE PADA REMAJA USIA 15-19 TAHUN (STUDI FENOMENOLOGI DI RW 18, DASANA INDAH TANGERANG)
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena pengunaan media sosial yang semakin marak dikalangan masyarakat, terutama pada usia remaja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi, dengan Key Informan usia remaja antara 15-19 tahun sebanyak lima orang, yang berdomisili di Rw 18, Dasana Indah Tangerang sebagai lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi pada seluruh Key Informan. Fenomena adiksi penggunaan media sosialYouTube pada remaja Usia 15-19 Tahun di Rw 18, Dasana Indah Tangerang, dilakukan untuk memberikan gambaran bahwa sejauh mana media tersebut memberikan dampak adiksi atau kecanduan pada remaja sebagai penggunanya. Hasil penelitian menunjukan adanya fenomena yang dialami oleh Key Informan tentang adiksi media sosial yaitu penggunaan berlebihan, YouTube menjadi prioritas, merubah perasaan, hilang kendali, berkurangnya komunikasi dan produktivitas sosial hingga menambah beban financial dan menggangu waktu tidur. Dari fenomena yang dirasakan tersebut tentu ada dampak penggunaan yang tergolong kedalam kategori Heavy User, Medium User dan Light User. Penelitian ini juga memperlihatkan bahwa fenomena Adiksi penggunaa media sosial YouTube lebih banyak berdampak pada sisi negatif dibandingkan positifnya.
Kata kunci: fenomena adiksi, penggunaan media sosial, youtube
Full Text:
PDFReferences
Jalaluddin Rakhmat. (2018). Psikologi Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Deddy Mulyana. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Juliansyah Noor. (2011). Metodelogi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Jakarta: PT.Fajar Interpratama Mandiri.
Lexy J. Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Alferd Schutz. (1967). The Phenomenology Of The Social World. Northen University Press.
Tom Campbell. (1994). Tujuh Teori Sketsa, Penilaian Dan perbandingan. Yogyakarta : Kanisius.
Deddy Mulyana. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Ricahrd West & Lynn H. Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Zillman Dolf & Jennings Bryant (eds). (2002). Media Effects: Advances in Theory and Research (2nd Ed.). Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associated.
Internet
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (diakses pada 10 Oktober 2019) www.apjii.or.id
YouTube (diakses pada 08 Desember 2019) https://id.wikipedia.org/wiki/YouTube
YouTube (diakses pada 9 Desember 2019) https://www.youtube.com/intl/id/about/press/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]