PEMANFAATAN INSTAGRAM DI DALAM MENGELOLA BISNIS ONLINE BAGI UMKM

Diana Novita, Nafisah Yuliani

Abstract


Munculnya banyak UMKM di Indonesia sedikit banyak telah membantu program pemerintah didalam mengentaskan kemiskinan. Banyaknya industri rumahan yang belakangan ini banyak bermunculan, tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Geliat UMKM yang kini bermunculan, kebanyakan dilakukan oleh para ibu rumah tangga didalam membantu perekonomian keluarga. Kekurangan yang kerap timbul saat ini adalah bagaimana menjalankan suatu usaha atau bisnis yang tidak banyak mengeluarkan uang sebagai modal awalnya. Solusi salah satunya yang bisa ditawarkan adalah bisnis UMKM yang dijalankan melalui media online. Media online adalah salah satu media yang bisa dibilang ampuh didalam meminimalisir penggunaan dana besar diawal usaha. Selain pemanfaatan media online tersebut, pelaku UMKM juga harus memiliki kemampuan didalam mengolah dan mengelola produk – produknya. Dan jika mulai memperhatikan fenomena belakangan ini, terutama fenomena disaat pandemi COVID-19 melanda Indonesia, tentu banyak hal yang bisa dilakukan didalam rumah. Selain memenuhi anjuran pemerintah, untuk tetap stay dirumah, para pelaku UMKM ini juga membutuhkan pembinaan dan pelatihan secara online untuk meningkatkan softskills mereka didalam mengolah dan mengelola produk dan juga pembelajaran tentang media online yang efektif didalam memasarkan produknya tersebut. Dari sekian banyak media online yang ada, pemanfaatan instagram yang lebih banyak dipilih oleh para pelaku UMKM. Selain mudah didalam menggunakan instagram, instagram juga termasuk media online yang cukup menarik minat untuk menempatkan foto – foto produk yang cantik.

 

Kata kunci : media online, instagram, UMKM

Full Text:

PDF

References


Casaló, L. V., Flavián, C., & Ibáñez-Sánchez, S. (2020). Be creative, my friend! Engaging users on Instagram by promoting positive emotions. Journal of Business Research. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.02.014

Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2). https://doi.org/10.23960/jep.v8i2.45

Jefferly Helianthusonfri. (2020). Instagram Marketing untuk Pemula.

Latief Setiawan. (2020a). Instagram Marketing Hack, Cara Meningkatkan Penjualan melalui Instagram.

Latief Setiawan. (2020b). Instagram Roadmap.

Matthew Sugiarto. (2020). Instagram Marketing Jualan Online.

Setiawati, I. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm. Strategi Komunikasi Pemasaran, 20.

van Driel, L., & Dumitrica, D. (2020). Selling brands while staying “Authentic”: The professionalization of Instagram influencers. Convergence. https://doi.org/10.1177/1354856520902


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]