KONSEP DAN IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (MBKM) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEPERAWATAN

Harna Harna, Anita Sukarno

Abstract


Mahasiswa merupakan pusat pembelajaran (student centered learning) yang sangat penting dalam proses pembelajaran MBKM. Kompetensi mahasiswa dapat ditingkatkan dengan belajar di luar program studi maupun lintas perguruan tinggi agar mutu pendidikan terjamin. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui gambaran impelementasi MBKM pada mahasiswa Prodi Keperawatan Universitas Esa Unggul. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2021. Teknik sampling dalam penelitian yaitu teknik total sampling dengan jumlah sampel 255 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi kuesioner survei secara online Analisis data penelitian adalah analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 90.7% responden sudah mengetahui isi kebijakan MBKM karena tersedianya panduan MBKM dari Universitas Esa Unggul. Kegiatan MBKM di Program Studi Keperawatan telah berjalan dan sebanyak 92% responden memiliki kesediaan untuk mengikuti kegiatan MBKM. Sebanyak 92.9% bersedia mengikuti seleksi kegiatan dan menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan dan sebanyak 94.2% responden akan Proaktif dalam mempersiapkan kegiatan pembelajaran yang sesuai. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu kegiatan MBKM meberikan manfaat kepada mahasiswa meliputi peningkatan kompetensi tambahan, memperluas perpekstif dan meningkatkan soft skill mahasiswa. Kata kunci: MBKM, mahasiswa, student centered learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]