REALISASI DAN EVALUASI PROGRAM “MERDEKA BELAJAR, KAMPUS MERDEKA” PADA PROGRAM STUDI SARJANA FISIOTERAPI UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Miranti Yolanda Anggita, Wahyuddin Wahyuddin, Abdul Chalik Meidian

Abstract


MBKM dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran di antaranya pertukaran pelajar, magang/praktik kerja, riset, proyek independen, kegiatan wirausaha, proyek kemanusiaan, mengajar di sekolah, dan proyek di desa/kuliah kerja nyata tematik. Tujuan kebijakan MBKM, program “hak belajar tiga semester di luar program studi” adalah untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Desain penelitian berupa penelitian diskriptif analisis tentang realisasi dan evaluasi kebijakan “merdeka belajar kampus merdeka” di Program Studi Fisioterapi Universitas Esa Unggul dengan teknik pengambilan sampel menggunakan instumen. Realisasi kebijakan MBKM di Program studi Fisioterapi mencakup pertukaran mahasiswa, magang/Praktik Kerja, Asistensi Mengajar dan Penelitian. Evaluasi MBKM di Program Studi Fisioterapi antara lain Sosialisasi MBKM masih kurang terhadap dosen dan mahasiswa di Program Studi Fisioterapi dan Kurikulum belum bisa optimal disesuaikan dengan program MBKM ini dikarenakan mahasiswa Fisioterapi membutuhkan kompetensi dibidang kesehatan.

Kata kunci : Realisasi, Evaluasi, MBKM


Keywords


Realisasi, Evaluasi, MBKM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]