IMPLEMENTASI PERAN DOSEN PADA MBKM PROGRAM STUDI ILMU HUKUM

Joko Widarto, Lana Citra, Gidion Steven Hutagalung

Abstract


Implementasi peran dosen pada era pendidikan 4.0 menuju 5.0 saat ini, peran dosen harus harus mampu mengidentifikasi langkah-langkah yang dapat digunakan untuk mempromosikan kegiatan belajar-mengajar yang menyenangkan. Menemukan cara terbaik untuk menjadi dosen sesungguhnya dan bagaimana seorang dosen berkembang menjadi pendidik yang kreatif. Mampu mendorong peserta didik agar mengalami perkembangan kemampuan kognitif dan kreativitas. Tanpa kehendak mendorong peserta didik untuk mengembangkan kreativitas, jangan berharap dunia pendidikan dapat mengurangi problem sosial kemasyarakatan. Dunia berkembang dengan cepat, metode dan strategi butuh prosedur dan waktu khusus untuk disesuaikan. Di titik inilah, para dosen, pendeknya dosen harus terus mengembangkan tugas profesinya secara profesional. Dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa di masa mendatang, tentu hal ini dimulai dari masa kanak-kanak, lalu bagaimana dengan para remaja? Justru remaja adalah yang paling penting dan paling banyak andil dalam proses memajukan Indonesia. Pihak yang harus terlibat dalam proses pematangan remaja adalah Dosen. Untuk itu implementasi peran dosen dalam kebijakan MKBM tentunya sangat berpengaruh kuat. Terlebih peran dosen tidak hanya sebatas di kampus semata, melainkan di luar kampus pun keterlibatan peran dosen guna mewujudkan MBKM perlu diperhatikan.

Kata kunci : Implementasi Peran dosen, Mengembangkan Tugas Profesi, Keterlibatan


Keywords


Mengembangkan Tugas Profesi; Keterlibatan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]