PERSEPSI DAN PREFERENSI AKADEMISI DALAM FASILITASI PENDIDIKAN 4.0 DI PERGURUAN TINGGI: KEBIJAKAN KAMPUS MERDEKA DI PROGRAM STUDI PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

D A. K Sari, Taufiqur Rachman

Abstract


Pendekatan yang mendasar di perguruan tinggi harus merespon transisi yang terjadi saat ini di pasar tenaga kerja dan juga karakteristik pilihan pekerjaan. Kondisi saat ini, terdapat ketidksesuaian antara kebutuhan industry dengan lulusan perguruan tinggi, sehingga, university perlu melibatkan setiap sumber daya manusia di perguruan tinggi, industry dan pemerintah untuk mengembangkan kurikulum yang fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan persepsi dan preferensi akademisi dalam upaya untuk menyediakan pedidikan 4.0 melalui penyelenggaran Kampus Merdeka di program studi Perencaaan Wilayah dan Kota. Data dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif untuk menampilkan data. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 90% dosen/akademisi bersedia untuk turut serta dalam penyelenggaraan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dengan preferensi bentuk kegiatan yang bervariasi. Namun demikian, program ini masih memerlukan penguatan dalam hal regulasi program.

Kata kunci : Pendidikan 4.0, Kampus Merdeka, Universitas, Akademisi


Keywords


Pendidikan 4.0; Kampus Merdeka; Universitas; Akademisi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]