PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KESEMPATAN BELAJAR DI LUAR PROGRAM STUDI: IMPLEMENTASI KAMPUS MERDEKA DI PROGRAM STUDI PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

D. A.K. Sari, Taufiqur Rachman

Abstract


Pendidikan tinggi perlu untuk mengintegrasikan model pendidikan yang memberdayakan mahasiswa agar lebih kreatif dan inovatif, pada era disrupsi sekarang ini. Tantangan masa depan membutuhkan pendekatan- pendekatan dan keterampilan yang tidak biasa. Sebagai salah satu negara yangs sedang tumbuh, Indonesia telah meluncurkan suatu kebijakan pendidikan yang inovatif yatu Kampus Merdeka. Melalui program ini, mahasiswa diminta untuk dapat mengalami bentuk model pembelajaran yang lebih atraktif, di luar perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah persepsi mahasiswa terkait kontribusinya dalam program Kampus Merdeka. Analisis data dilakukan dengan distribusi frekuensi dan deskriptif kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu para mahasiswa telah terinformasi dan mengetahui tentang program ini dan sangat tertarik untuk berkontribusi. Namun demikin, sistem informasi program ini masih peru diperbaiki untuk memberikan akses yang baik bagi mahasiswa.

Kata kunci: Pendidikan Tinggi, Mahasiswa, Kampus Merdeka, Belajar Dari Pengalaman


Keywords


Pendidikan Tinggi; Mahasiswa; Kampus Merdeka; Belajar Dari Pengalaman

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]