BAGAIMANA ELECTRONIC WORD OF MOUTH DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA TRANSPORTASI ONLINE GOJEK

Eva Kurnia Asih, Lukman Cahyadi

Abstract


Gojek merupakan perusahaan layanan transportasi berbasis aplikasi pertama di Indonesia. Berhasilnya bentuk layanan transportasi berbasis aplikasi membuat Gojek meningkatkan dari segi kemudahan penggunaan, citra merek, dan e-wom untuk membuat konsumen memutuskan kembali untuk menggunakan jasa layanan Gojek secara berulang. Membuat konsumen melakukan keputusan pembelian ulang pada jasa layanan Gojek sebagai pilihan utama konsumen sangat penting dilakukan untuk mencapai kesuksesan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis variabel kemudahan penggunaan, citra merek, dan e-wom terhadap keputusan pembelian jasa transportasi gojek di kota jakarta . Jenis penelitian ini adalah analisis kausal dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada 120 responden yang berada di jakarta yang merupakan pengguna jasa transportasi gojek dengan mengumpulkan data kuesioner secara online yang dilakukan pada bulan Oktober 2022. Untuk menguji model penelitian, studi ini menggunakan Variance Based Structural Equation Model dengan alat analisis Smart-PLS 4.  Sehingga diperoleh hasil pengolahan data sebagai berikut: kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan e-wom berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: kemudahan penggunaan, citra merek, e-wom, keputusan pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]