POLA KOMUNIKASI IBU SINGLE PARENT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK

Lili Efrita, Erna Febriani

Abstract


Keluarga merupakan miniatur terkecil dari sebuah negara, keluarga adalah gambaran atau keadaan sebuah negara dan dapat dilihat dari keberadaan keluarga itu sendiri, kualitas dan komunikasi dalam sebuah keluarga menentukan kualitas sumber daya manusia pada suatu bangsa dapat dilihat dari kualitas sumber daya manusia pada suatu keluarga. Dengan demikian bagaimana dan seperti apa keberadaan sebuah keluarga, akan menggambarkan kualitas sebuah keluarga, yang akhirnya akan berpengaruh terhadap suatu bangsa itu sendiri. Keluarga merupakan tempat utama pembentukan karakter anak. Pola komunikasi antara ibu terhadap anaknya berperan dalam membentuk  karakter  anak  dikehidupan  sehari-hari.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunl ikasi ibul singlel parentlt yang ditinggal mati olehl   suamlminya dalam menghadapil  putra dan putrinya sertl a apa hambatan yang dihadapi dalam memlmbangunl   komunl  ikasi  denganl   anak-anaknya.  Teori  pola  komunikasi  yang  menjadi  dasar  penelitian  ini  adalah  pola komunikasi Mcleod and Chaffee. Jenis penelitian ini adalah kualitatif menggunakan paradigma interpretif dengan metode penelitian studi kasus tipe satu (kasus tunggal), dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang ditemukan adalah pola komunikasi keluarga antara orang tua dan anak berbeda-beda, meskipun memiliki status yang sama yaitu ibu single parent begitu juga hambatan yang dihadapinya. Pola komunikasi yang ditemukan adalah pola komunikasi kosensual, protektif, pluralistik dan campuran konsensual-pluralistik. Orang tua yang menggunakan pola komunikasi yang tepat saat berkomunikasi dengan anaknya membuat anak lebih terbuka dan kemudian keterbukaan ini membentuk karakter anak kearah yang positif.


Keywords


pola komunikasi, ibu single parent, pembentukan karakter

References


Al-Quran dan Terjemahannya. 2010. Bandung: CV. Penerbit Diponegoro.

Ali, M dan M. Asrori. 2016. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Aziz, Safrudin. 2015. Pendidikan Keluarga : Konsep Dan Strategi. Yogyakarta : Gava Media.

Arikunto, Syharsini. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

CSRIT Kota Tangerang. Kependudukan Kota Tangerang 2019.

https://statistik.tangerangkota.go.id/home/ infografis. Diakses tanggal 22 Desember 2022.

DeVito, Joseph. A. (2016). The Interpersonal Communication Book (14th Ed.). England: Pearson Education.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2018. Pola Asuh Orang tua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Herlina, Desi. 2018. Sikap Overprotective Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Volume 2 Edisi 2.

Husein, Umar. 2015. Metodelogi Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis. Jakarta. Rajawali

Kriyantono, R. 2020. Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif Dan kualitatif . Jakarta: Prenadamedia Group.

Layliyah, Zahrotul. 2013. Perjuangan Hidup Single parent. Jurnal Sosiologi Islam. Volume. 3, Nomor. 1.

Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mukarom, Zaenal, 2021. Teori - Teori Komunikasi Berdasarkan Konteks. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murtiadi, dkk. 2015. Psikologi Komunikasi.

Yogyakarta: Psikosain.

Ngalimun. 2018. Komunikasi Interpersonal.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Racmat, Ikbal, dkk. 2022, Pemberdayaan Pra Remaja Di Sekolah Alternatif Anak Jalanan (Saaja) Jakarta Melalui Pelatihan Komunikasi Publik (Master Of Ceremony) Dan Kepemimpinan. Jurnal Abdimas Volume 08 Nomor 05.

Rahardjo, Mudjia. 2018. Paradigma Interpretif.

Malang: UIN Malang

Rahma, Siti. 2018. Pola Komunikasi Keluarga Dalam Pembentukan Kepribadian Anak. Jurnal Alhadharah. Vol. 17, No. 33.

Runtiko, Agus Ganjar. 2021. Kajian Literatur Naratif Tiga Pendekatan Teoritis Komunikasi Keluarga. Jurnal Common Volume 5 Nomor 2.

Samani, M., Haryanto. 2013. Pendidikan Karakter.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2015. Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Silviani, Irene. 2020. Komunikasi Organisasi.

Surabaya : PT Scopindo Media Pustaka. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Turner B & West C. 2006. The Family

Communication Sourcebook, SAGE: Publication, Inc.(terj).

Yin, P. D. 2015. Studi Kasus: Desain dan Metode.

Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Yusuf, A. M. 2014. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta

: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]