TINJAUAN PEMILIHAN WARNA PADA VISUAL BRANDING PASAR SENI ANCOL

Audyva Amelia Salsabilah, Ika Fadillah, Ade Lia Kurnia Safitri, Fajrin Destiani, Raldina Azzahra, Muhammad Fauzi

Abstract


Warna merupakan salah satu elemen visual yang berpengaruh dalam brand identity, salah satunya Pasar Seni Ancol. Selain sebagai identitas merek, warna dapat mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap suatu merek. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan melakukan observasi untuk menganalisis penerapan warna pada Pasar Seni Ancol, serta metode analisis konten dan riset digital untuk memperoleh informasi mengenai ketertarikan pengunjung terhadap Pasar Seni Ancol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan warna dapat mendukung identitas Pasar Seni Ancol, yaitu warna jingga sebagai warna utamanya yang diterapkan pada signage logo dapat membantu pengunjung mengingat Pasar Seni Ancol. Selain itu, sistem warna yang konsisten digunakan pada tipografi konten Instagram mempermudah pengguna untuk membedakan jenis konten yang dimuat. Warna dan karakteristik pada karya seniman yang beragam juga menjadi ketertarikan bagi pengunjung dalam menginterpretasikan
karya seni. Selain melalui elemen visual, kegiatan acara kesenian, workshop dan acara musik menjadi daya tarik bagi pengunjung Pasar Seni Ancol.


Keywords


Warna; Visual Branding; Pasar Seni

References


Dass, Camille. 4 Agustus 2023. Metrics

rundown: Why exactly are Instagram Reels

more popular than TikTok videos?

https://www.marketing-interactive.com/metri

cs-rundown-why-exactly-are-instagram-reels

-more-popular-than-tiktok-videos

Johanes, P. 25 Februari 2021. Respon

Seniman dan Pengunjung Pasar Seni Ancol

Terhadap Perubahan Zaman.

https://parkjohanes.medium.com/respon-seni

man-dan-pengunjung-pasar-seni-ancol-terha

dap-perubahan-zaman-9c229f2b33f3

Lestari, S., Samihardjo, R., & Sapanji, R. V.

T. (2023). Pelatihan Brand Identity Untuk

UMKM: Meningkatkan Kesadaran Merek

dan Daya Saing di Era Digital. Abdimasku:

Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2),

-499.

Market. Journal of Visual Communication

Design, 15(3), 145-160.

Maymun, A. Z., & Swasty, W. (2018).

Identitas Visual dan Penerapannya pada

Signage untuk Kawasan Wisata Edukasi.

Serat Rupa Journal of Design, 2(1), 1-13

Redaksi. 18 Agustus 2022. Upaya Bangkit

dari Pandemi, Seniman Pasar Seni Ancol

Gelar Pesta Pasar Seni Ancol.

https://wartausaha.com/upaya-bangkit-dari-p

andemi-seniman-pasar-seni-ancol-gelar-pest

a-pasar-seni-ancol/.

Rifda, A, 2022, 11 Arti Warna dalam

Psikologi dan Filosofinya.

https://www.gramedia.com/best-seller/arti-w

arna-dalam-psikologi-dan-filosofinya/.

Rogers, Richard, Digital Methods. (London:

SAGE Publications Ltd., 2013)

Smith, J., & Williams, A. (2022). The

Impact of Color in Branding: Case Study of

Ancol Art


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]