Membangun Keunggulan Kompetitif Metro Tv Melalui Triangle Strategy

Euis Nurul Bahriyah

Abstract


Abstrak

Saat muncul untuk pertama kalinya Metro TV  yang mempositioningkan media televisinya sebagai televisi berita sejak tahun 2000 telah menyampaikan visi misi sebagai televisi yang menyajikan program berita, hiburan dan gaya hidup yang berkualitas. MetroTV dikenal sebagai The Election Channel Referensi Pemilu Indonesia sejak tahun 2004 dilanjutkan pada tahun 2009 dengan visi untuk mengedukasi masyarakat melalui program-program election dan event pemilu merupakan titik awal ketika seluruh masyarakat ikut berperan langsung dalam prosesi politik secara demokrasi. Melalui triangle strategy yaitu positioning-diferensiasi-brand merupakan sebuah ‘intisari’ strategi yang digunakan oleh Metro TV yang berfungsi sebagai pedoman dalam menjalankan segala aktivitas perusahaan yang menjadi landasan bagi keunggulan kompetitif jangka panjang merupakan sebuah ide yang valid. Triangle Strategy inilah yang membawa masyarakat untuk memaknai dengan jelas program The Election Channel 2009 dibanding dengan program yang ditawarkan oleh kompetitor.

Kata kunci: keunggulan, kompetitif, triangle strategy


References


Daftar Pustaka

Euis Nurul Bahriyah, Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Membentuk Brand Image Metro TV sebagai The Election Channel (Studi Kasus The Election Channel 2009 sebagai Referensi Pemilu Indonesia), Univ. Mercu Buana-Jakarta, 2010.

Fill, Chris, Marketing Comminications: contexts, strategies, and applica-tions, 4th editions, Prentice Hall, 2005

Kartajaya, Hermawan, Seri 9 Elemen Marketing: On Positioning, Pener-bit Mizan, 2004

Moser, Mike, united we brand: mencip-takan merek kohesif yang dilihat, didengan dan diingat: Penerbit Erlangga, 2003

Percy, Larry, Strategic Integrated Mar-keting Communications Theory and Practice, Edisi Pertama, Elsevier, 2008

Peter, J. Paul. dan Jerry, C. Olson. Con-sumer Behavior, Perilaku Konsu-men dan Strategi Pemasaran; alih bahasa, Sihombing, Damos. Jakarta, Erlangga, 2000

Smith, PR-Berry, Chris-Pulford, Alan, Strategic Marketing Communica-tions: New Ways to Build and Integrated Communications, Kogan Page Limited, London, 1999

Soemanagara Rd, Strategi Marketing Communications, Penerbit Alfabetam Bandung 2006

Sulaksana, Uyung, Integrated Marketing Communications, Cetakan ketiga, Penerbit Pustaka Pelajar, Jakarta 2007

Wertime, Kent, Building Brands & Believers Membangun Merek dan Pengikutnya, Jakarta, Erlangga 2003


Refbacks

  • There are currently no refbacks.