Membangun Keunggulan Kompetitif Metro Tv Melalui Triangle Strategy
Abstract
Abstrak
Saat muncul untuk pertama kalinya Metro TV yang mempositioningkan media televisinya sebagai televisi berita sejak tahun 2000 telah menyampaikan visi misi sebagai televisi yang menyajikan program berita, hiburan dan gaya hidup yang berkualitas. MetroTV dikenal sebagai The Election Channel Referensi Pemilu Indonesia sejak tahun 2004 dilanjutkan pada tahun 2009 dengan visi untuk mengedukasi masyarakat melalui program-program election dan event pemilu merupakan titik awal ketika seluruh masyarakat ikut berperan langsung dalam prosesi politik secara demokrasi. Melalui triangle strategy yaitu positioning-diferensiasi-brand merupakan sebuah ‘intisari’ strategi yang digunakan oleh Metro TV yang berfungsi sebagai pedoman dalam menjalankan segala aktivitas perusahaan yang menjadi landasan bagi keunggulan kompetitif jangka panjang merupakan sebuah ide yang valid. Triangle Strategy inilah yang membawa masyarakat untuk memaknai dengan jelas program The Election Channel 2009 dibanding dengan program yang ditawarkan oleh kompetitor.
Kata kunci: keunggulan, kompetitif, triangle strategy
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Pustaka
Euis Nurul Bahriyah, Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Membentuk Brand Image Metro TV sebagai The Election Channel (Studi Kasus The Election Channel 2009 sebagai Referensi Pemilu Indonesia), Univ. Mercu Buana-Jakarta, 2010.
Fill, Chris, Marketing Comminications: contexts, strategies, and applica-tions, 4th editions, Prentice Hall, 2005
Kartajaya, Hermawan, Seri 9 Elemen Marketing: On Positioning, Pener-bit Mizan, 2004
Moser, Mike, united we brand: mencip-takan merek kohesif yang dilihat, didengan dan diingat: Penerbit Erlangga, 2003
Percy, Larry, Strategic Integrated Mar-keting Communications Theory and Practice, Edisi Pertama, Elsevier, 2008
Peter, J. Paul. dan Jerry, C. Olson. Con-sumer Behavior, Perilaku Konsu-men dan Strategi Pemasaran; alih bahasa, Sihombing, Damos. Jakarta, Erlangga, 2000
Smith, PR-Berry, Chris-Pulford, Alan, Strategic Marketing Communica-tions: New Ways to Build and Integrated Communications, Kogan Page Limited, London, 1999
Soemanagara Rd, Strategi Marketing Communications, Penerbit Alfabetam Bandung 2006
Sulaksana, Uyung, Integrated Marketing Communications, Cetakan ketiga, Penerbit Pustaka Pelajar, Jakarta 2007
Wertime, Kent, Building Brands & Believers Membangun Merek dan Pengikutnya, Jakarta, Erlangga 2003
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]