Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pemohon Bagian Perijinan Pelayanan Kesehatan Tradisional Di Suku Dinas Pelayanan Kesehatan Kodya Jakarta Barat

Suryari Purnama

Abstract


Abstract

The purpose of this study was to determine whether there is an influence of quality health care to the applicant's license permitting part of traditional health care in western Jakarta sub-department of health. Population of this research is the owner of a traditional health care facilities and health workers who traditionally have had a license and that the permitting process from January to December 2007. Data analysis techniques used there are 5 stages, namely: validity test is to determine the extent to which the measuring device is able to measure what should be measured (Suliyanto, 2005), reliability testing is to determine the extent to which the results of a study can be trusted (Suliyanto, 2005), make a range of data to a Likert scale, a correlation analysis to examine the relationship between two variables and multiple regression analysis to see the impact of service quality on customer satisfaction. Based on the research and discussion that has been said previously about the quality of health care in the Traditional Tribe Municipality of West Jakarta Health Agency is also the level of customer satisfaction with the services provided can be concluded (1) that the correlation test variables of service quality has a positive and very closely with the satisfaction variable consumer (2) regression analysis found that there are three variables: tangible, reliability and responsiveness significantly affect customer satisfaction, while 2 other variables that assurance and empathy are not significantly influence con-sumer satisfaction variables

Keywords: service quality, customer satisfaction, health service 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pemohon ijin pelayanan kesehatan terhadap kinerja bagian perijinan pelayanan kesehatan tradisional di sudin kesehatan Jakarta barat. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pemilik sarana pelayanan kesehatan tradisional dan tenaga kesehatan tradisional yang telah memiliki surat ijin dan yang dalam proses perijinan dari bulan Januari sampai Desember 2007. Teknik analisis data yang digunakan ada 5 tahap, yaitu: uji validitas yaitu untuk mengetahui sejauh mana alat pengukur mampu mengukur apa yang seharusnya diukur (Suliyanto,2005), uji reliabilitas yaitu untuk mengetahui sejauh mana hasil dari suatu penelitian dapat dipercaya (Suliyanto,2005), membuat range data untuk skala likert, analisis korelasi untuk melihat hubungan antara 2 variabel dan analisis regresi berganda untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian  dan pembahasan yang telah dikemukakan sebelum-nya mengenai kualitas pelayanan Kesehatan Tradisional di Suku Dinas Kesehatan Kodya Jakarta Barat  juga tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan  yang  diberikan dapat disimpulkan (1) Uji korelasi bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki hubungan yang positif dan sangat erat dengan variabel kepuasan konsumen (2) Hasil analisa regresi ditemukan bahwa ada 3 variabel yaitu tangibel, reliability dan responsive yang signifikan mempengaruhi kepuasan konsumen, sedangkan 2 variabel lain yaitu assurance dan empathy tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen.

Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, pelayanan kesehatan

 


References


Pustaka

Buchari Alma, “Manajemen Pemasaran dan Manajemen Jasa Alpabetaâ€, Bandung, 2005.

Dinas Kesehatan Propinsi DKI Jakarta 2002

Fandy Tjiptono dan Anastasiana Diana, â€Total Qualiti Manajemenâ€, Andi, Yogyakarta, 2003.

Husen Umar, â€Metode Riset Prilaku Konsumen jasaâ€, Ghalia Indonesia. Jakarta, 2003.

__________, â€Metode Riset dan Bisnisâ€, PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2003,

Lapoaran tahunan Sudin Yankes Kodya Jakarta Barat, 2007

Nasution, N.M, â€Manajemen Mutu Terpadu (Total Qualiti Manajemen)â€, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2001.

Philip Kotler, â€Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan, Impelemen-tasiâ€, dan jilid2, PT. Prihalindo, Jakarta, 1997.

PB.Triton, â€Riset Statistik Parametrikâ€, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2006.

Sugiono, â€Metode Penelitian Bisnisâ€, CV.Alfabeta, cetakan kelima, Bandung, 2003.

Undang – undang Nomor 23 tahun 1992

Kotler Philip & Gary Amstrong, “Dasar-Dasar Pemasaranâ€, jilid ke-2, edisi ke-9, PT. Indeks, Jakarta, 2004.

Kotler Philip & Kevin L. Keller, “Mana-jemen Pemasaranâ€, jilid 1, edisi ke 13, Erlangga, Jakarta, 2009.

Suliyanto, “Analisis Data: dalam aplikasi pemasaranâ€, Ghalia Indonesia, Bogor, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]