Hubungan Pengetahuan Dosen Tentang Program Pembelajaran Dengan Kualitas Satuan Acara Pembelajaran Di Website Hybrid Elarning Universitas Esa Unggul Jakarta
Abstract
Abstrak
Pengetahuan dosen tentang Program Pembelajaran menentukan kualitas Satuan Acara Pembelajaran (SAP), sehingga kualitas SAP akan baik bila pengetahuan dosen tentang program pembelajaran juga baik. Kualitas SAP Universitas Esa Unggul jauh dari yang diharapkan sehingga diasumsikan bahwa pengetahuan dosen tentang program pembelajaran juga tidak jauh berbeda. Penelitian bertujuan mengukur pengetahuan dosen tentang program pembelajaran, menilai kualitas SAP dan menganalisis hubungan kedua variabel tersebut. Sampel penelitian berasal dari dosen Universitas Esa Unggul yang mengajar pada semester genap tahun 2012/2013 dan SAP yang disusunnya. Sampel penelitian berjumlah 63 yang ditetapkan berdasarkan teknik aksidental. Pengukuran pengetahuan dosen tentang program pembelajaran dan kualitas SAP menggunakan kuesioner dan lembar observasi yang telah diukur validitas dan reliabelitasnya. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa sebagian besar (58,73%) pengetahuan dosen tentang program pembelajaran relatif tinggi, demikian pula dengan kualitas SAP di website hybrid learning Universitas Esa Unggul sebagian besar (55,56%) juga relatif tinggi. Uji statistik spearman rank mendapatkan p value sebesar 0,654 (lebih besar dari α sebesar 0,05) dan nilai r sebesar 0,058 (berada pada 0 < r < 0,20), sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan pengetahuan tentang program pembelajaran dengan kualitas SAP tidak signifikan dan memiliki korelasi yang sangat lemah. Kontribusi oengetahuan dosen tentang program pembelajaran terhadap kualitas SAP juga sedikit hanya 0,34 % sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap variabel lain yang diduga kuat mempengaruhi kualitas SAP, diantaranya jenis kelamin responden, umur, status kepegawaian, jabatan, masa kerja, pengalaman, pendidikan, pelatihan, keluarga, lingkungan pergaulan dan sebagainya.
Kata kunci: pengetahuan, program pembelajaran, kualitas SAP
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Pustaka
Arikunto, Suharsini, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2006
Charmisijatin, Lise, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Jakarta : Pendidikan jarak Jauh Universitas Terbuka, Jakarta, 2007
Dagun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Lembaga Pengkajian Bahasa Nusantara, Jakarta, 2000
Morrison, Don, ELearning Strategies : How To Get Implementation and Delivery Right First Time, John Willey and Son, 2004
Gani, Lilik A., “E-earning Pendayagunaan TIK untuk Pemerataan Akses dan Peningkatan Mutu Pendidikanâ€, Seminar Nasional ELearning di Universitas Indonesia, 2006
Hasibuan, M., Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara., Jakarta, 2001
Martono, Nanang, dkk, â€Perbedaan Gender Dalam Prestasi Belajar Mahasiswa Unsoedâ€, Jurnal Jurusan Sosiologi, Unsoed, Purwokerto, 2010
Marsus, Suti, â€Strategi Peningkatan Mutu di Era Otonomi Pendidikanâ€, Jurnal Media Teknik, Universitas Negeri Malang, Malang, 2011
Notoatmodjo, Soekidjo, Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta, 2003
______, Prinsip-prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat, Rineka Cipta, Jakarta, 2003
______, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Rineka Cipta, Jakarta, 2007
______, Konsep Ilmu Perilaku, Rineka Cipta, 2010
Nurhikmah., Model Pembelajaran Berbasis ELearning Suatu Tawaran Pembelajaran Masa Kini dan Masa Yang Akan Datang, makalah Seminar Elearning di Universitas Negeri Makassar, 2008
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]