IDEOLOGI PANCASILA DAN PEMBENTUKAN KARAKTER DI KALANGAN GEN Z
Abstract
Abstrak
Pancasila merupakan Ideologi dan falsafah bangsa Indonesia, yang merupakan sumber dari segala peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Pancasila dijadikan pedoman tidak hanya dalam pembentukan segala peraturan perundang-undangan di Indonesia, namun juga memiliki peran yang sangat besar bagi pembentukan karakter & rasa Nasionalisme pada generasi muda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kedudukan dan peran Pancasila sebagai Ideologi bangsa dan bagaimana Pancasila dapat membentuk karakter dan menumbuhkan rasa Nasionalisme pada generasi muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif dengan pengumpulan data studi dokumen untuk menganalisis data sekunder yang berasal dari berbagai sumber hukum, termasuk bahan hukum primer, sekunder, dan tersier, yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian adalah Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam butir-butir Pancasila sebagai ideologi bangsa tidak hanya dijadikan sebagai pengetahuan saja melainkan harus dapat dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui penerapan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila akan membangun karakter disiplin, optimisme, jiwa kepemimpinan, dan rasa cinta tanah air, yang turut mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik. Setiap warga negara berkewajiban melestarikan nilai-nilai luhur pancasila, tidak terkecuali pada generasi muda (Gen Z). Kesimpulan, kita sebagai generasi penerus bertanggung jawab untuk membentuk karakter & menumbuhkan rasa Nasionalisme agar sesuai dengan kaidah yang terkandung dalam Pancasila seperti menjaga persatuan & kesatuan, melalui sikap toleransi bernegara.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A. M Fatwa, (2010), Pancasila Karya Bersama Milik Bangsa, Bukan Hak Paten Suatu Golongan, Jakarta: The Fatwa Centre.
Deden Koswara, (2014), Implementasi Nilai-Nilai Bela Negara Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara Bagi Tegaknya Keutuhan NKRI, Jurnal Islamica, Vol. 2 Nomor 1, Bandung: STAI Siliwangi.
Kaelan, (2010), Penddidikan Pancasila, Yogyakarta: Paradigma.
Komar Hidayat, Yunusrul Zen dan Diding Rahmat, (2017), Analisis Yuridis Terhadap Kebijakan Diversi Pemerintah Daerah Dalam Perlindungan Anak Di Kabupaten Kuningan, Jurnal Unifikasi, Vol. 04, Nomor 02, Juli 2017, Kuningan, FH. Uniku.
Kompas, (2019), Pentingnya Nasionalisme di Era Indonesia Modern, Jakarta: kompas.com.
Laurensius Arliman S, (2018), Perlindungan Hukum Bagi Anak Dalam Perspektif Pancasila dan Bela Negara, Unifikasi, Vol. 5, Nomor 01, Agustus 2018, Jawa Barat: Fakultas Hukum Universitas Kuningan.
Mahfud MD, (2012), Pancasila Memang Sakti, Jakarta: Sekretariat Jenderal MPR RI.
Mardenis, (2016), Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Rangka Pengembangan Kepribadian Bangsa, Jakarta: Rajawali Pers.
Marsono, (2015), Pendidikan Kewarganegaraan Dan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi, Bogor : Penerbit In Media.
M. Hatta Ali, (2012), Landasan Filsofi Pancasila Dalam Berbangsa dan Bernegara Kesatuan Republik Indonesia, Jakarta: Sekretariat Jenderal MPR RI.
Pratama. D. (2023). Moral Bangsa Dan Tantangan Globalisasi. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]