LITERATURE REVIEW: PENGARUH IKLAN ROKOK TERHADAP PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA PRIA

Andini Maulani Putri, Chusnul Khotimah, Sara Herna Cova Sihombing, Theophoebe Abigail, Terry Y.R. Pristya

Abstract


Bila dilihat dari tahun ke tahun, perilaku merokok semakin mengalami peningkatan, tidak terkecuali pada remaja pria. Iklan rokok yang muncul di berbagai media dengan tampilan yang kreatif menjadi salah satu penyebab meningkatnya perilaku merokok pada remaja. Tampilan iklan yang kreatif dapat memikat para remaja pria untuk membeli dan mengkonsumsi rokok. Studi literatur antara tahun 2010 – 2021 dengan berbahasa Indonesia dan Iggris. Data didapat dari PubMed, ProQuest, Google Scholar, dan Garuda, dengan kata kunci perilaku merokok, iklan rokok, remaja pria, smoking behavior, boy, adolescents, tobacco advertising. Pada studi literatur ini didapatkan dari 13 (tiga belas) artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil peninjauan pada artikel diketahui terdapat pengaruh antara iklan rokok baik offline maupun online dengan peningkatan perilaku merokok pada remaja pria. Adanya pengaruh yang signifikan antara iklan rokok terhadap perilaku merokok pada remaja pria.


Keywords


iklan rokok; perilaku merokok; remaja pria

References


Afif, A. N., & Astuti, K. (2015). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Iklan Rokok dengan Perilaku Merokok pada Remaja. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 17(1), 1–10.

Alamsyah, A., & Nopianto, N. (2017). Determinan Perilaku Merokok pada Remaja. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 2(1), 25–30.

Bastonus, A. I., & Herieningsih, S. W. (2017). Hubungan Antara Terpaan Iklan Rokok dan Persepsi Maskulinitas pada Perokok dengan Perilaku Merokok Remaja Laki-Laki. Jurnal Interaksi Online, 6(1).

Carter-Harris, L., Ellis, R. B., Warrick, A., & Rawl, S. (2016). Beyond traditional newspaper advertisement: Leveraging facebook-targeted advertisement to recruit long-term smokers for research. Journal of Medical Internet Research, 18(6). https://doi.org/10.2196/jmir.5502

Catherine, T., Romeo, P., & Nayoan, C. R. (2012). Pengaruh Iklan Rokok Melalui Media Massa Terhadap Perilaku Merokok Remaja Di SMPN 2 Kota Kupang Tahun 2011. MKM, 06(2).

Cho, S. M., Saw, Y. M., Latt, N. N., Saw, T. N., Htet, H., Khaing, M., & Than, T. M. (2020). Cross-sectional study on tobacco advertising, promotion and sponsorship (TAPS) and violations of tobacco sale regulations in Myanmar: Do these factors affect current tobacco use among Myanmar high school students? BMJ Open, 2, e031933.

Afif, A. N., & Astuti, K. (2015). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Iklan Rokok dengan Perilaku Merokok pada Remaja. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 17(1), 1–10.

Alamsyah, A., & Nopianto, N. (2017). Determinan Perilaku Merokok pada Remaja. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 2(1), 25–30.

Bastonus, A. I., & Herieningsih, S. W. (2017). Hubungan Antara Terpaan Iklan Rokok dan Persepsi Maskulinitas pada Perokok dengan Perilaku Merokok Remaja Laki-Laki. Jurnal Interaksi Online, 6(1).

Carter-Harris, L., Ellis, R. B., Warrick, A., & Rawl, S. (2016). Beyond traditional newspaper advertisement: Leveraging facebook-targeted advertisement to recruit long-term smokers for research. Journal of Medical Internet Research, 18(6). https://doi.org/10.2196/jmir.5502

Catherine, T., Romeo, P., & Nayoan, C. R. (2012). Pengaruh Iklan Rokok Melalui Media Massa Terhadap Perilaku Merokok Remaja Di SMPN 2 Kota Kupang Tahun 2011. MKM, 06(2).

Cho, S. M., Saw, Y. M., Latt, N. N., Saw, T. N., Htet, H., Khaing, M., & Than, T. M. (2020). Cross-sectional study on tobacco advertising, promotion and sponsorship (TAPS) and violations of tobacco sale regulations in Myanmar: Do these factors affect current tobacco use among Myanmar high school students? BMJ Open, 2, e031933.

Damang, S. A., Syakur, R., & Andriani, R. (2019). Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Merokok pada Remaja di SMP Negeri 7 Langgudu Kabupaten Bima. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat, 1(1), 32–39.

Dunlop, S., Freeman, B., & Perez, D. (2016). Exposure to internet-based tobacco advertising and branding: Results from population surveys of australian youth 2010-2013. Journal of Medical Internet Research, 18(6). https://doi.org/10.2196/jmir.5595

Fulmer, E. B., Neilands, T. B., Dube, S. R., Kuiper, N. M., Arrazola, R. A., & Glantz, S. A. (2015). Protobacco Media Exposure and Youth Susceptibility to Smoking Cigarettes, Cigarette Experimentation, and Current Tobacco Use among US Youth. PLOS ONE. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0134734

Gendall, P., Hoek, J., Edwards, R., & Glantz, S. (2016). Effect of exposure to smoking in movies on young adult smoking in New Zealand. PLoS ONE, 11(3). https://doi.org/10.1371/JOURNAL.PONE.0148692

Handayani, S., Rachmani, E., Saptorini, K. K., Manglapy, Y. M., Ahsan, A., & Kusuma, D. (2021). Is youth smoking related to the density and proximity of outdoor tobacco advertising near schools? Evidence from Indonesia. International Journal of Environmental Research and Public Health. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(5), 2556.

Kurniawan, H., Arifuddin, A., & Masrida, M. (2017). Dampak Media Iklan (Billboard Rokok) Terhadap Perilaku Merokok Siswa di SMK Negeri 3 Palu. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 3(1), 71–84.

Morgenstern, M., Sargent, J. D., Isensee, B., & Hanewinkel, R. (2013). From never to daily smoking in 30 months: the predictive value of tobacco and non-tobacco advertising exposure. BMJ Open, 3, 2907. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2013

Mufrikhah. (2010). Pengaruh Iklan Rokok di Media Televisi Terhadap Perilaku Merokok Remaja Awal (Studi Terhadap Siswa SMP Negeri 2 Dayun Kabupaten Siak). Riau.

Nurhabiba, F. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan Marketplace, Akses Aplikasi, dan Minat Membeli Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Media, Public Relations, Dan Komunikasi (IMPRESI), 1(1).

Prabandari, Y. S. (2016). How do indonesian youth perceive cigarette advertising? A cross-sectional study among indonesian high school students. Global Health Action, 9(1), 30914.

Rachmat, M., Thaha, R. M., & Syafar, M. (2013). Perilaku Merokok Remaja Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 7(11).

Septiono, W., Kuipers, M. A. G., Ng, N., & Kunst, A. E. (2021). Self-reported exposure of Indonesian adolescents to online and offline tobacco advertising, promotion and sponsorship (TAPS). Tobacco Control. https://doi.org/10.1136/tobaccocontrol-2020-056080




DOI: https://doi.org/10.47007/hp.v2i02.4480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Health Publica Jurnal Kesehatan Masyarakat

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

 

View My Stats