KEJADIAN BURNOUT SYNDROME DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR
Abstract
Burnout syndrome pada mahasiswa diartikan sebagai kondisi stress kronis akibat perkuliahan yang dapat dirasakan secara fisik maupun emosional serta ditandai dengan rasa lelah, kesal dengan perkuliahan dan merasakan ketidakpuasan. Burnout syndrome berdampak pada proses perkuliahan yang tidak maksimal, prokrastinasi (menunda pekerjaan), mencontek, dan gejala depresi. Berdasarkan studi pendahuluan, prevalensi burnout syndrome dalam proses pembelajaran daring pada mahasiswa tingkat akhir fikes uhamka tahun 2020 adalah sebesar 61,3%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui determinan kejadian burnout syndrome dalam proses pembelajaran daring pada mahasiswa tingkat akhir Fikes Uhamka tahun 2021. Penelitian ini menguji hubungan variabel independen, yaitu kelas mahasiswa, jenis kelamin, konsep diri, beban kerja, dan dukungan sosial terhadap variabel dependen, yaitu kejadian burnout syndrome. Desain studi pada penelitian ini adalah cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir Fikes Uhamka (angkatan 2017) dengan sampel sebanyak 211 yang diambil dengan teknik sampel yaitu Purposive Sampling. Data yang digunakan adalah adalah data primer dengan pengumpulan data menggunakan Google Form. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara beban kerja (<0,001 dan PR = 2,065 ; 95% CI 1,484-2,874) dan dukungan sosial (0,022 dan PR = 0,706 ; 95% CI 0,528-0,944) dengan kejadian burnout syndrome. Dan menunjukkan tidak adanya hubungan antara kelas mahasiswa (1,000), jenis kelamin (0,500) serta konsep diri (0,350) dengan kejadian burnout syndrome. Maka dari itu pertimbangan pemberian beban kerja berlebih dan memberikan dukungan sosial yang cukup dapat mengurangi risiko terjadinya burnout syndrome.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aisyi, M. (2019). SINDROM BURNOUT. https://dharmais.co.id/news/117/SINDROM-BURNOUT
Alimah, S., & Swasti, K. G. (2018). Gambaran Burnout pada Mahasiswa Keperawatan di Purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman, 11(2), 130. https://doi.org/10.20884/1.jks.2016.11.2.709
Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2017). Gambaran Tingkat Stress Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40–47.
Dyrbye, L., & Shanafelt, T. (2016). A narrative review on burnout experienced by medical students and residents. Medical Education, 50(1), 132–149. https://doi.org/10.1111/medu.12927
Humas FKUI. (2020). 83% Tenaga Kesehatan Indonesia Mengalami Burnout Syndrome Derajat Sedang dan Berat Selama Masa Pandemi COVID-19. https://fk.ui.ac.id/berita/83-tenaga-kesehatan-indonesia-mengalami-burnout-syndrome-derajat-sedang-dan-berat-selama-masa-pandemi-covid-19.html
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Masa Belajar Penyelenggaraan Program Pendidikan. https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/surat-edaran-direktorat-jenderal%02pendidikan-tinggi-masa-belajar-penyelenggaraan-program-pendidikan/
Khairani, Y., & Ifdil, I. (2015). Konsep Burnout pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(4), 208. https://doi.org/10.24036/02015446474-0-00
Rudman, A., & Gustavsson, J. P. (2012). Burnout during nursing education predicts lower occupational preparedness and future clinical performance: a longitudinal study. International Journal of Nursing Studies, 49(8), 988–1001. https://doi.org/10.1016/j.ijnurstu.2012.03.010
Tim Penulis UNIKA Soegijapranata. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. UNIKA Soegijapranata.
Woo, T., Ho, R., Tang, A., & Tam, W. (2020). Global prevalence of burnout symptoms among nurses: A systematic review and meta-analysis. Journal of Psychiatric Research, 123, 9–20. https://doi.org/10.1016/j.jpsychires.2019.12.015
DOI: https://doi.org/10.47007/hp.v3i2.5252
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Health Publica Jurnal Kesehatan Masyarakat
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
View My Stats