ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERAWAT

Antia Tijan

Abstract


Patient satisfaction is part of an indicator of the success of health services. Patients feel satisfied if the service obtained exceeds expectations. Efforts to achieve patient satisfaction by analyzing nurse services for improvement of the Jakarta Primary Clinic. This research is a descriptive analytic survey research using a quantitative approach that aims to determine the level of patient satisfaction with the quality of nurse services through the suitability of patient expectations and nurse performance so that the elements that can be maintained and corrected immediately can be identified. The method used in the analysis is the IPA (Importance Performance Analysis) method. The study population was the average patient visits in the last 3 months with a total sampling of 30 people. The results of the study were analyzed by comparing expectations and performance describing the level of patient satisfaction with the quality of nurse care in tangibles dimensions 97.69%, reliability 96.60%, empathy 96.43%, responsiveness 95.86%, and assurance 97.93% with an average suitability level of 96 , 90% means that the level of patient satisfaction with the quality of nurse care is very much as expected. Research suggestions are expected nurses can immediately fix four problems on top priority, namely nurses can be on time, fast and appropriate in acting, nurses are ready to provide medical devices and services provided do not differentiate status / rank.

 

Keyword: importance performance analysis, patient satisfaction, quality of nurse care

Kepuasan pasien adalah bagian dari indikator keberhasilan pelayanan kesehatan. Pasien merasa puas jika pelayanan yang didapatkan melebihi harapannya. Upaya untuk mencapai kepuasan pasien dengan menganalisa pelayanan perawat untuk perbaikan Klinik Pratama Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survey deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan k uantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan perawat melalui kesesuaian harapan pasien dan kinerja perawat sehingga dapat diketahui unsur yang dipertahankan dan segera diperbaiki. Metode yang digunakan dalam analisis adalah metode IPA (Importance Perfomance Analysis). Populasi penelitian adalah rata-rata kunjungan pasien 3 bulan terakhir dengan total sampling sebanyak 30 orang. Hasil penelitian yang dianalisis dengan membandingkan harapan dan kinerja menggambarkan tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan perawat pada dimensi tangibles 97.69%, reliability 96,60%, emphaty 96.43%, responsiveness 95.86%, dan assurance 97,93% dengan rata-rata tingkat kesesuaian 96,90% artinya tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan perawat sangat sesuai harapan. Saran penelitian diharapkan perawat dapat segera memperbaiki empat permasalah pada prioritas utama yaitu perawat dapat tepat waktu, cepat dan tepat dalam melakukan tindakan, perawat siap menyediakan alat kesehatan dan pelayanan yang diberikan tidak membedakan status/pangkat

 

Kata Kunci: importance performance analysis, kepuasan pasien, kualitas pelayanan perawat


References


Deharja, A., Putri, F., & Ikawang, L. (2017). Analisis Kepuasan Pasien Bpjs Rawat Jalan Dengan Metode Servqual, CSI dan IPA di Klinik Dr. M. Suherman. Jurnal Kesehatan Vol. 5. No. 2. 2579-5783. https://jurkes.polije.ac.id

Devis, Y. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Syafira Pekabaru Tahun 2018. e-ISSN: 2654-6485. Volume 8, Nomor 1. https://jurnal.alinsyirah.ac.id

Dharma, K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta: Trans Info Media

Gozaly, J., & Hakim, I. (2015). Usulan Strategi Pemasaran Berdasarkan Metode Correspondence Analysis (CA), Importance Performance Analysis (IPA), & Uji Hipotesis. Jurnal Integra Vol. 5, No. 1, Juni 2015 35-49. https://www.e-jurnal.com

Indrianrini., et all. (2018). Analisa Tingkat Kepuasan Keluarga Tentang Pelayanan Perawat Di

Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung. https://ejournal.stikesborromeus.ac.id

Iswandari, Krisnawati. 2011. Desain Dan Rencana Mutu Pelayanan Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Qadr Tangerang Tahun 2011-2016 Dengan Metode Servqual – QFD (Quality Function Deployment). Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia. Jakarta

Kalijogo, F., Adawiyah, R., & Purnomo, R. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Pasien Klinik Pratama Dengan Metode Servqual Dan Importance Performance Analysis. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi (JEBA) Volume 21 Nomor 03. https://jp.feb.unsoed.ac.id

Kusumo, P., & Sofyan, S. (2016). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Dengan Menggunakan Metode Ipa (Importanceperformance Analysis) Pada Ahass 01108 Anugrah Jaya. Volume 5, Nomor 1. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran. jilid 1. Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Nursalam. (2017). Manajemen Keperawatan. Edisi 5. Jakarta: Salemba Medika

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9. (2014). Klinik.

https://pelayanan.jakarta.go.id

Prof. J. Supranto, M.A., APU. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar. (Jilid 4). Jakarta: PT. Rineka Cipta

Ratnasari, I., Puspani Nissa, S. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Di Klinik Pratama Abc Kota Bandung Menggunakan Metode Importance Performance Analysis. 2579-6429. https://idec.ft.uns.ac.id

Sentosa, P., Astuti, O., Cahaya, E. (2019). Analisis Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index. 978-602-53420-3-5. https://jurnal.undhirabali.ac.id

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Umam, C., Muchlisos, L., Maryati., H. (2019). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Dengan Metode IPA (Importance Perfomance Analysis) Di Puskesmas Bogor Tengah Kota Bogor. Vol 2, No 1. https://ejournal.uika-bogor.ac.id

Wijoyo, Hagus. (2016). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Tentang Pelayanan Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Sukoharjo. https://eprints.ums.ac.id

Yola, Melfa. (2013). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk Pada Supermarket Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). http://industri.ft.unand.ac.id




DOI: https://doi.org/10.47007/ijnhs.v5i2.3530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.