Evaluasi Digital Berbasis Game Online: Transformasi Teacher-Centered Ke Student-Centered Learning

Diana Mareta Ida Fitri Ayu Pitaloka

Abstract


Latar Belakang: Transformasi metode pembelajaran dari teacher-centered learning (TCL) ke student-centered learning (SCL) merupakan pendekatan inovatif untuk meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran. Salah satu strategi implementasi SCL yang menjanjikan adalah cooperative learning yang didukung dengan evaluasi digital interaktif. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengamati implementasi SCL berbasis cooperative learning yang dipadukan dengan evaluasi digital menggunakan platform Quizizz pada mahasiswa gizi di Poltekkes Malang, serta menganalisis dampaknya terhadap keterlibatan dan pemahaman mahasiswa. Metode: Penelitian dilakukan melalui observasi terhadap nilai dan sikap mahasiswa, khususnya dalam hal keaktifan selama proses pembelajaran. Evaluasi dilakukan pada proses diskusi kelompok dan penggunaan Quizizz sebagai media penilaian formatif. Hasil: Hasil observasi menunjukkan bahwa fleksibilitas waktu dalam diskusi kelompok di luar jam kuliah mendorong mahasiswa untuk lebih siap dalam menghadapi materi, meningkatkan interaksi selama perkuliahan, dan memperkuat pemahaman konsep. Penggunaan Quizizz terbukti meningkatkan antusiasme mahasiswa melalui pendekatan gamifikasi yang menciptakan suasana belajar kompetitif namun menyenangkan. Platform ini juga membantu dosen dalam menyusun evaluasi secara efisien melalui fitur seperti live scoring dan rekap otomatis hasil evaluasi. Kesimpulan: Penerapan SCL berbasis evaluasi digital melalui Quizizz mampu meningkatkan kualitas pembelajaran, baik dari segi keterlibatan mahasiswa maupun efektivitas proses evaluasi. Studi ini merekomendasikan penggunaan platform digital serupa dengan penyesuaian teknis yang tepat untuk mencegah masalah duplikasi data dan mendukung integrasi pembelajaran interaktif secara berkelanjutan


References


Ainun Jariyah, Yosephina P. Wao, Maria Waldetrudis Lidi, Maimunah H. Daud, Yuliana Yenita Mete, Melania Priska, Jumilah Gago, Veronika P.S. M. Wae, Maria Fatima Mei, and Stefan Anselmus Lamen Sani. 2024. ‘PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ PADA GURU-GURUSMP SWASTA ISLAM MUTHMAINNAH SEBAGAI UPAYA KOMPETENSI GURU’. Jurnal Pengabdijan Masyarakat 5.

Ana Qonita, Betha Auldina, Muhammad Nuryan Firnanda, Asrof Abidin, and Rofiq Hidayat. 2024. ‘Pengaruh Metode Diskusi Manajemen Diklat Terhadap Pemahaman Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam C4 Angkatan 2022’. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya 2(4):61–68. doi: 10.61132/morfologi.v2i4.799.

Andra, M., Aditiyawarman Wd, Meini Sondang, Lilik Hanifah, and Lusiana Dewi Kusumayati. 2022. PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA UNTUK MELAKSANAKAN EVALUASI PEMBELAJARAN. Vol. 7.

Anggraeni, Ni Ketut Pertiwi, and Rita Karmila Sari. 2022. ‘PANDANGAN MAHASISWA TERHADAP PEMANFAATAN QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS’. Research and Development Journal of Education 8(2):762. doi: 10.30998/rdje.v8i2.14066.

Ani, Yuli, Setyo Dewi, Diah Ambarumi Munawaroh, Rina Mida Hayati, Zaenal Arifin, Stitnu Al, Hikmah Mojokerto, Mts Negeri, and Kota Batu. 2021. ‘Metode Teacher Centered Learning’. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang Tahun 2021

Dian Ayu Afiani, Kunti, and Meirza Nanda Faradita. 2021. PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PGSD PADA MASA PANDEMI COVID-19.

Fatwa, Nurul, and Ernita Daulay. 2024. The Effectiveness of Using Quizizz as a Tool in Developing Student’s Reading Comprehension. Vol. 13.

Harianto, Bambang Bagus. 2024. ‘Embracing Cooperative Learning for Critical Thinking and Enhanced Learning Outcomes’. East Asian Journal of Multidisciplinary Research 3(5):1709–20. doi: 10.55927/eajmr.v3i5.9325.

Berata, I. Wayan. 2022. ‘PARADIGMA PENGAJARAN DARI PEMBELAJARAN TCL (TEACHER CENTER LEARNING) MENUJU SCL (STUDENT CENTER LEARNING) | Inovasi Jurnal Guru’. Inovasi Jurnal Guru. Retrieved 6 January 2025 (http://jurnalinovasi.org/index.php/IJG/article/view/303).

Lolowang, Jimmy, and Farly Tumimomor. 2021. PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM HUKUM NEWTON TENTANG GERAK. Vol. 2.

Mahardika, Arida Putri, Ratna Sari Dewi, and Wika Hardika Legiani. 2023. ‘Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Karakter Mandiri Dan Kreatif Siswa’. Jurnal Basicedu 7(3):1704–15. doi: 10.31004/basicedu.v7i3.5381.

Mentari, Sriyani, Endang Sri Andayani, Sulikah Sulikah, and Primasa Minerva Nagari. 2021. ‘Online-Based Simple Cooperative Learning Design (SCL-D) for Accounting’. Dinamika Pendidikan 16(1):12–23. doi: 10.15294/dp.v16i1.27450.

Muhson, Ali, Daru Wahyuni, Supriyanto Supriyanto, and Endang Mulyani. 2012. ‘ANALISIS RELEVANSI LULUSAN PERGURUAN TINGGI DENGAN DUNIA KERJA’. Jurnal Economia 8(1):42–52. doi: 10.21831/ECONOMIA.V8I1.800

Mujahida. 2019. ‘ANALISIS PERBANDINGAN TEACHER CENTERED DAN LEARNER CENTERED’. Journal of Pedagogy 2(2):323–31.

Nur Afifah, Dwi, and Cahyo Hasanudin. 2023. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelaja-Ran Keterampilan Menulis Di Perguruan Tinggi. Vol. 2. Jurnal Bahasa.

Putra Pratama, Muh. 2022. Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Komputer.

Ramadhani, Khori Putri, and Havid Ardi. 2022. ‘Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Dan Asesmen Pada Materi Bahasa Inggris’. 3(1):2022. doi: 10.24036/abdi-humaniora.v3i1.119559.

Sambara Sitorus, Destri, Tri Nugroho, Budi Santoso, Pendidikan Ekonomi, and Kristen Satya Wacana. 2022. Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19 The Utilization of Quizizz as A Game-Based Learning Media in The Pandemic of Covid-19.

Simeon Adrian Simatupang, Elsada Ria Veronika Situmorang, Irma Chintia Simbolon, and Andi Taufiq Umar. (2024). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok. Terhadap Pemahaman Siswa Pembelajaran di SMA Negeri 21 Medan. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial 2 (4): 201-210

Supriadi, Nunung, Destyanisa Tazkiyah, Isro Fakultas, Ilmu Budaya, Universitas Jenderal, and Soedirman Abstrak. 2021. ‘PENERAPAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA COVID-19’. Jurnal Cakrawala Mandarin Asosiasi Program Studi Mandarin Indonesia 5(1).




DOI: https://doi.org/10.47007/ijnhs.v10i1.8917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.