Gambaran Sikap Empati Perawat di Ruang Rawat Inap Menggunakan Perth Empathy Scale (PES)

Ernalinda Rosya, Chairuni Shaliha Nurfitra

Abstract


Latar Belakang: Sikap Empati merupakan komponen penting dalam pelayanan hubungan terapeutik antara perawat dan pasien, terutama pada pelayanan di ruang rawat inap. Diruang rawat inap lebih menuntut interaksi intesnsif dan berkelanjutan antara pasien dan perawat. Empati yang tinggi dapat meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pasien serta meningkatkan kualitas asuhan keperawatan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap empati perawat di ruang rawat inap menggunakan instrument Perth Emphaty Scale (PES). Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel dipilih menggunakan teknik total sampling dengan jumlah total 74 perawat dan memenuhi kriteria inklusi. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner terstruktur untuk mengukur tingkat empati perawat dengan The Perth Empathy Scale (PES). Instrument sudah dilakukan uji validitas (r 0.88) dan reabilitas (r 0.97). Data dianalisis secara deskriptif dalam bentuk distribusi frekuensi dan persentase. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan dari 74 perawat, masing-masing lebih dari sebagian (50%) menunjukkan tingkat empati tinggi dan (4.1%)memiliki sikap empati rata – rata dan (45.9%) empati rendah. Temuan ini menunjukkan adanya variasi signifikan dalam sikap empati perawat diruang rawat inap. Kesimpulan: Variasi Tingkat empati perawat menunjukkan perlunya intervensi berkelanjutan dalam bentuk pelatuhan soft skill dan komunikasi terapeutik, guna meningkatkan sikap empati sebagai bagian dari mutu pelayanan keperawatan. Instistusi pelayan Kesehatan diharapkan dapat menjadikan hasil penelitian sebagai dasar dalam perencanaan program pengembangan professional perawat

 

Kata Kunci: empati, keperawatan, perawat, rawat inap, Perth Emphaty Scale




DOI: https://doi.org/10.47007/ijnhs.v10i1.9481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.