APAKAH LITERASI KEUANGAN BERPENGARUH DENGAN YANG DI MODERASI BIG FIVE PERSONALITY TRAIT TERHADAP MINAT INVESTASI DARI PERSEPSI INVESTOR PRIA DAN WANITA DI JAKARTA PADA PASAR MODAL INDONESIA DI MASA PANDEMI COVID 19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Literasi Keuangan dan Big five personality trait terhadap Minat Investasi dari persepsi gender pada Pasar Modal di Indonesia pada Masa Pandemi COVID 19. Metode penelitian ini menggunakan eksplanatoris-kausalitas dan sampel yang telah dikumpulan dalam penelitian ini berjumlah 195 responden dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert 5. Hasil dalam penelitian ini diolah dengan SMARTPLS 3 dan menunjukan bahwa H1 diterima dimana variabel literasi keuangan memiliki pengaruh terhadap big five personality, H2 diterima yaitu variabel big five personality trait memiliki pengaruh terhadap minat investasi, H3 diterima untuk sampel pria dimana big five personality trait dapat memoderasi literasi keuangan terhadap minat investasi, sedangkan untuk sampel wanita big five personality trait tidak dapat memoderasi literasi keuangan terhadap minat investasi. Hasil dalam penemuan ini menjelaskan bahwa baik pria maupun wanita juga memiliki minat berinvestasi, dan untuk variabel literasi keuangan terlihat bahwa wanita memiliki pengaruh lebih besar sedangkan untuk variabel big five personality trait terlihat bahwa pria yang memiliki pengaruh lebih besar, selain itu penelitian ini juga memberikan saran peneliti selanjutnya untuk mempertimbangkan beberapa faktor, seperti resiko, dan kemajuan teknologi, dan kembali melakukan pengujian untuk memperkuat kerangka penelitian. Selanjutnya bagi peneliti lainnya juga dapat memperkuat teori yang ada dengan memperluas sampel penelitian dan memperluas area penelitian pada bursa saham luar negeri.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]