APAKAH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE BERPENGARUH TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020

Billy Oshan Savano, Sri Handayani

Abstract


Investor yang memiliki kepentingan dalam memaksimalkan kesejahteraannya membutuhkan informasi yang relevan seperti nilai perusahaan untuk mendukung keputusan investasi. Tujuan daripada penelitian ini ialah untuk menganalisis baik secara simultan maupun parsial pengaruh profitabillitas diprosikan net profit margin, ukuran perusahaan diproksikan ln. total penjualan, dan leverage diproksikan debt to asset ratio terhadap nilai perusahaan diprosikan price to book value ratio menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas dengan alat analisis regresi linier berganda, menggunakan 123 data sampel laporan keuangan dengan hasil penelitian profitabilitas (NPM), ukuran perusahaan (ln. total penjualan), dan leverage (DAR) secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV). Sedangkan secara parsial berurutan, profitabilitas (NPM), ukuran perusahaan (ln. total penjualan), dan leverage (DAR) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan (PBV).


Keywords


Profitabilitas; net profit margin; ukuran perusahaan; ln total penjualan; leverage; debt to asset ratio; nilai perusahaan; price to book value ratio

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Web Analytics View My Stats