APAKAH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE BERPENGARUH TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020
Abstract
Investor yang memiliki kepentingan dalam memaksimalkan kesejahteraannya membutuhkan informasi yang relevan seperti nilai perusahaan untuk mendukung keputusan investasi. Tujuan daripada penelitian ini ialah untuk menganalisis baik secara simultan maupun parsial pengaruh profitabillitas diprosikan net profit margin, ukuran perusahaan diproksikan ln. total penjualan, dan leverage diproksikan debt to asset ratio terhadap nilai perusahaan diprosikan price to book value ratio menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas dengan alat analisis regresi linier berganda, menggunakan 123 data sampel laporan keuangan dengan hasil penelitian profitabilitas (NPM), ukuran perusahaan (ln. total penjualan), dan leverage (DAR) secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV). Sedangkan secara parsial berurutan, profitabilitas (NPM), ukuran perusahaan (ln. total penjualan), dan leverage (DAR) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan (PBV).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]