APAKAH HARAPAN KINERJA, HARAPAN USAHA, DAPAT MEMPREDIKSIKAN NIAT BELANJA ONLINE KAUM MILENIAL MELALUI KUALITAS PELAYANAN BELANJA ONLINE
Abstract
ABSTRAK
Pada masa pandemi seperti sekarang, belanja online menjadi pilihan mayoritas masyarakat Indonesia di berbagai kalangan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengeksplorasi adanya hubungan antar variabel online shopping service quality, online shopping drivers, offline brand trust, online shopping intention dan social influence, khususnya pada karyawan milenial pengguna e-marketplace (Shopee, Lazada, dan Tokopedia) ternama di Indonesia selama pandemi COVID-19 dengan total 185 responden. Penelitian ini dilaksanankan pada bulan November 2021 hingga Februari 2022. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan menyebar kuisioner melalui media sosial seperti whatsapp. Berikutnya, data yang terkumpul dianalisa menggunakan metode structural equation model (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa online shopping service quality memiliki pengaruh yang signifikan terhadap online shopping drivers baik performance expectancy maupun effort expectancy, tapi tidak berpengaruh positif terhadap online shopping intention. Selanjutnya effort expectancy dapat mempengaruhi online shopping intention, namun performance expectancy dan social influence juga tidak berpengaruh positif pada online shopping intention. Selain itu, penelitian ini juga berhasil menemukan bahwa offline brand trust mampu memoderasi hubungan performance extepectancy dan effort expectancy terhadap online shopping intention. Hasil lainnya membuktikan jika performance extepectancy tidak dapat memediasi hubungan online shopping service quality dan online shopping intention, namun effort expectancy dapat memediasi hubungan online shopping service quality dan online shopping intention.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]