PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PROMOSI DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E- WALLET OVO

Nina Afrinita, Theresia Shintia Permata

Abstract


Sekarang ini uang tidak hanya berbentuk fisik (uang tunai) saja, melainkan sudah ada teknologi yang membuat uang menjadi sebuah benda yang tidak berwujud (non tunai) seperti uang elektronik atau yang biasa disebut E- wallet. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan, promosi dan keamanan terhadap keputusan penggunaan e-wallet OVO. penelitian ini menerapkan metode non-probability Sampling dengan Teknik Purpossive Sampling untuk menentukan narasumber. Penelitian ini dilakukan pada bulan April- September 2022 Dengan 26 pernyataan yang digunakan dalam kuesioner secara online melalui g-form dengan jumlah sebanyak 130 sample penelitian menggunakan Analisis Linear Berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan diatas, maka penelitian ini telah berhasil membuktikan bahwa promosi dan keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi OVO. Namum kemudahan penggunaan belum bisa membuktikan adanya pengaruh terhadap keputusan penggunaan. Secara simultan variabel kemudahan penggunaan, promosi dan keamanan terhadap keputusan penggunaan aplikasi OVO berpengaruh positif dan signifikan.


Keywords


Kemudahan penggunaan, promosi, keamanan, keputusan penggunaan dan OVO

References


Alistriwahyuni, N. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan, Dan Fitur Layanan i-Saku Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna i-Saku Di Indomaret. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 07(02), 473–478.

Alkhoiri, A. R. (2022). Pengaruh Promosi, Persepsi Manfaat, Dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan Linkaja Pada Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof.K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto).

Ambarwati, D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Go-Pay Pada Mahasiswa Stie Aub Surakarta. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 6(1), 88–103.

Argitama. (2020). Pengaruh E-Service Quality Dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Gopay (Studi Pada Pengguna Aplikasi Gojek Di Kota Semarang). Journal of Chemical Information and Modeling, 53m(9), 1689–1699. http://dx.doi.org/10.1016/j.tws.2012.02.007

Batu, R. L., Suryani, N. I., Septia, N., & Sekaryahya, P. F. (2020). Pengaruh Harga dan Inovasi Layanan Aplikasi terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Taksi Express: Survei pada Pengunduh Aplikasi Express Taxis. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(01), 1–22. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v1i01.6

Elsa Silaen, B. P. (2019). Persepsi Manfaat Serta Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Saldo E-Wallet OVO. Pendahuluan pembelian . Jika dahulu konsumen harus datang langsung ke toko maka saat ini tidak perlu datang ke secara gratis di Google Play Store dan App Store . Perilaku mina. 1–9.

Ernawati, N., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Pada Aplikasi OVO. Jurnal Ecodemica, 4, 200–210.

Ersaningtyas, A. P., & Susanti, E. D. (2019). Analisis pengaruh persepsi kemudahan, Persepsiresiko Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Menggunakan Rekening bersama shopee. Jurnal Bisnis Indonesia, 10(2), 185–198.

Eryanawati, & Ismunandar. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Merk Honda ( Studi Kasus Konsumen Pengguna Merk Honda ). Journal of Business and Economic Research (JBE), 1(2), 98–104. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jbe/article/view/196/140

Fitriana, R., Luk, L., & Hidayati, A. (2021). Pengaruh Romosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan penggunaan Transportasi Online Gojek (Studi Empiris Pada Pengguna Layanan Go-Ride Di Kota Magelang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, September.

Genady, D. I. (2018). Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, dan Promosi Uang Elektronik Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik di Masyarakat (Issue 11140850000042).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro., 105.

Hair, Joseph F. , Black, Jr, William C. Babin, Barry J. & Anderson, R. E. (2014). Pearson

- Multivariate Data Analysis, 7/E - Joseph F. Hair, Jr, William C. Black, Barry J. Babin & Rolph E. Anderson. Pearson New International Edition, 816.

Hardi. (2021). Pengaruh Kinerja Layanan Terhadap Keputusan Penggunaan Dompet Digital OVO ( Survei Pada Masyarakat Surabaya ) Veronika Hardi Prodi Ilmu Komunikasi , Jurusan Ilmu Sosial , Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya Abstrak. 03, 180–191.

Iliyin, A., & Widiartanto. (2020). Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Ovo Pt Visionet Data Internasional ( Studi Pada Pengguna Ovo Di Kota Surakarta ). Jurnal FISIP, Universitas Diponegoro.

Iskandar, D., & Nasution, M. I. B. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Lazada SNK © 2019 Published by UMSU (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU). Jurnal Kewirausahaan, 1(1), 128–137.

Issn, E., & Sari, R. F. (2022). Pengaruh Potongan Harga Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Menggunakan Dompet Digital Shopeepay. 9(2).

Izza, M. N. (2021). Pengaruh Pengetahuan Produk, Persepsi Manfaat, Pengaruh Sosial dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet DANA di Kota Kudus.

(1), 17–39. http://repository.iainkudus.ac.id/5591/

Kandoli, J., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2019). Analisa Pengaruh Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Penggunaan Taxi Online Go-Car Oleh Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 3458–3467.

Kurniawan, A. C., Shinta Dewi, R., & Ngatno. (2021). Pengaruh E-Service Quality Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Marketplace Tokopedia (Studi Kasus Seller Tokopedia). Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1), 762–771.

Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.35326/jiam.v3i1.612

Mutiara, M., & Wibowo, I. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(2), 10–20. https://doi.org/10.35137/jmbk.v8i2.419

Nahla Rahma Yunita, Hadi Sumarsono, U. F. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Buka Lapak (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo). ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 90. https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.243

Nurdin, Rukma Ningrum, Sofyan Bacmid, & Abdul Jalil. (2021). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Di Bank Mega Syariah Cabang Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 3(1), 30–45. https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i1.37.30-45

Pratama, A. B., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi, 27, 927. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i02.p04

prof. dr. sugiyono. (2011). prof. dr. sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. intro ( PDFDrive ).pdf. In Bandung Alf (p. 143).

Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. Y. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 2(2), 157–168. https://doi.org/10.35829/econbank.v2i2.100

risma weti aprilia, dewi noor susanti. (2022). Pengaruh Kemudahan, Fitur Layanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana di Kabupaten Kebumen. 4(3), 399–409.

Rivaldo, Y., & Yusman, E. (2021). Pengaruh Physical Evidence , Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sanford Pada. Jurnal As-Said. LP2M. Institut Agama Islam Abdaullah Said Batam, 1(1), 13. http://e- journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/view/7.

Sari, M. A., Listiawati, R., Novitasari, N., & Vidyasari, R. (2020). Analisa Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet. Ekonomi & Bisnis, 18(2), 126–134. https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2493

siti rokayah. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian.

(45), 95–98.

Subardi, L., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Sekayu, R. (2018). Bank Sumsel Babel Cabang Prabumulih. 3.

sugiyono. (2017). Desain penelitian kasual.

Tri Anggono, B. N., . I., & A B, S. H. (2020). Persepsi Kemudahan, Resiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Gopay. Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1), 144–153. https://doi.org/10.34152/fe.15.1.144-153

Trisnowati, D. K., & Nugraha, H. S. (2016). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Bengkel Pt. Astra International Tbk-Daihatsu Majapahit Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 374–381. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/13568

Widiyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet OVO di Depok. Moneter - Jurnal

Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 54–68. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.7567

Widyanto, H. A., Kusumawardani, K. A., & Septyawanda, A. (2020). Encouraging Behavioral Intention To Use Mobile Payment: an Extension of Utaut2. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 87. https://doi.org/10.24912/jmieb.v4i1.7584

Yan, R. G. P. S., Repi, A., & Lumanauw, B. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Lokasi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Pt Tridjaya Mulia Sukses Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(1), 106. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/18831.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Web Analytics View My Stats