PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI

Muna Milatina, Dodi Ria Atmaja

Abstract


Semakin berkembangnya perusahaan kosmetik di Indonesia, langkah yang tepat adalah menggunakan celebrity dengan reputasi yang positif sebagai endorser. Maka, tujuan dari penelitian ini ialah untuk meneliti kembali pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli konsumen. Salah satu pertimbangan utama bagi konsumen dalam mempercayai kebenaran isi pesan yang disampaikan melalui iklan atau promosi adalah reputasi celebrity endorser. Berdasarkan tujuan dan perumusan penelitian ini mengidentifikasi variabel credibility (kredibilitas), Trustworthiness (kepercayaan), Expertise (keahlian), Attractiveness (daya tarik), Congruence (kesesuaian), Purchase Intention (niat beli) dan Premium price (harga premium) terhadap keputusan pembelian konsumen produk kosmetik Alami Indonesia Sariayu Martha Tilaar secara online di wilayah Jakarta. Dalam rangka mengumpulkan data untuk penelitian ini, sebanyak 110 kuesioner disebarkan melalui aplikasi Google Form kepada konsumen yang melakukan pembelian secara online di wilayah Jakarta untuk melakukan survei. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuesioner untuk melibatkan pelanggan online di wilayah Jakarta. Selanjutnya, hasil dari pengumpulan data dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan alat analisis SmartPLS 3. Hasilnya, setelah mendapatkan data, dilakukan analisis kuantitatif terhadapnya. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap minat beli konsumen, dengan penggunaan celebrity endorser untuk merekomendasikan produk kosmetik alami indonesia kepada pengguna media sosial. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk memperluas cakupan dan memilih objek penelitian yang berbeda.


Keywords


Kredibilitas Selebriti, Kepercayaan, Keahlian, Daya Tarik, Kesesuaian, Niat Beli, Harga Premium

References


Abednia, A., Hovassapian, A., Teimournezhad, S., & Ghanbari, N. (2013). Reflective journal writing: Exploring in-service EFL teachers perceptions. System, 41(3), 503–514. https://doi.org/10.1016/j.system.2013.05.003

Alianto, A., & Anindita, R. (2018). Pengaruh Kompensasi dan Work-Life Balance terhadap Kepuasan Kerja Dimediasi Stres Kerja. Esa Unggul, 1(1), 1–18.

Arvidsson, A. (2005). Brands: Meaning and value in media culture. Brands: Meaning and Value in Media Culture, 1–168. https://doi.org/10.4324/9780203640067

Belch, E. G., & Belch, M. A. (2014). Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective, McGraw Hill, New York, NY, 2012. Ekonomski Horizonti, 16(3), 265–267. https://doi.org/10.5937/ekonhor1403265r

Biswas, D., Biswas, A., & Das, N. (2014). The differential effects of celebrity and expert endorsements on consumer risk perceptions: The role of consumer knowledge, perceived congruency, and product technology orientation. Journal of Advertising, 35(2), 37–41. https://doi.org/10.1080/00913367.2006.10639231


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Web Analytics View My Stats