Pemanfaatan Model Piramida Rekayasa Informasi Sebagai Upaya Strategi Pembelajaran

Malabay Malabay

Sari


Rekayasa Informasi adalah seperangkat teknik-teknik otomasi yang saling berkaitan, sementara model bisnis, model data dan model proses dibangun secara lengkap berbasis pengetahuan, untuk membentuk dan memelihara sistem pengolahan data. Piramida  Rekayasa Informasi mempunyai empat tahap yaitu perencanaan strategis informasi, analisis area bisnis, sistem perancangan dan konstruksi. Empat tahapan ini difungsikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaraan yang berisikan motivasi, potensi, cara belajar dan sarana yang diharapkan dapat menghasilkan suatu cara proses efektifitas pembelajaran.

Kata kunci: piramida rekayasa informasi, pembelajaran, otomasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Malabay, Laporan Penelitian Dosen Muda,Fakultas Teknologi Informasi,Universitas YARSI, Jakarta, 2006.

Martin, James, “Information Engineering, Book I:â€.Prentice-Hall,Inc. 1989.

Witarto, “Memahami Sistem Informasi:Pendekatan Praktis Rekayasa Sistem Informasi Melalui Kasus-Kasus Sistem Informasi Di Sekitar Kita†, Informatika,Bandung. 2004.

Turangan,Joyce A., “Dampak Penerapan Kondisi Pembelajaran Efektif terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Mahasiswaâ€, Akademika jurnal Pendidikan Tinggi, Vol.5 No.2, Universitas Tarumanagara, Jakarta. 2003.

Suwanto, A dan Irawan , Agustinus Purna,. “Meningkatkan Keefektifan Belajar dengan Belajar Memahami Konsepâ€, Akademika Jurnal Pendidikan Tinggi, Vol.7 No.1, Universitas Tarumanagara, Jakarta. 2003.

Rooijakkers, Ad., “Cara Belajar di Perguruan Tinggiâ€,Cetakan Ke-21,PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2005.

Sutikno, .Sobry, “Pembelajaran Efektif apa dan bagaimana mengupayakannyaâ€,Cetakan pertama, NTP Press, Mataram. 2005

Budiningsih, Asri, “Belajar dan Pembelajaranâ€,Cetakan pertama, PT Rineka Cipta, Jakarta. 2005.

Sabri,Ahmad, “Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teachingâ€,Cetakan I, Quantum Teaching, PT.Ciputat Press, Ciputat. 2005.

------------ Bahan Ajar Lembaga Akta Mengajar Universitas Negeri Jakarta. 2004




DOI: https://doi.org/10.47007/komp.v9i1.487

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR COUNTER:

gerEGGe

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats