PEMBANGUNAN BALAI LELANG ONLINE BERDASARKAN KONSEP E-BUSINESS (STUDI KASUS PT. GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA)

Dewi Eka Putri

Sari


Sejalan dengan berkembangnya teknologi, dunia bisnis mulai mengembangkan sayap mereka untuk berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Dan untuk mewujudkan impian tersebut  maka banyak perusahaan-perusahaan besar merasa bahwa perlu mengadakan perubahan dalam sistem bisnis yang mereka jalani. Internet menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan bisnis yang telah ada. Bisnis-bisnis tradisional saat ini telah mulai berkembang menjadi bisnis elektronik atau biasanya di sebut E-Business. Dalam E-Business, memiliki cakupan yang sangat luas, karena tidak hanya membahas mengenai E-Commerce saja melainkan juga membahas tentang interaksi antara pelanggan dengan perusahaan. Salah satu pengembangannya adalah Lelang Online. Oleh karena itu, PT. Gramedia Pustaka Utama merupakan salah satu penerbit buku terbesar, dan telah menerapkan E-Commerce. Untuk menyempurnakan lagi bisnis yang mereka jalani, maka diusulkan sebuah konsep baru yaitu E-Auction/Lelang Online. Perancangan lelang online ini menggunakan pemodelan object oriented  dengan menggunakan UML (Unified Modeling Language), dan bahasa pemrograman PHP serta Database MySQL. Dengan mengusulkan pembangunan balai lelang online diharapkan dapat meningkatkan bisnis yang telah berkembang sejak lama ini.

Kata Kunci : Internet, Lelang Online (E-Auction), E-Busines , Perancangan, UML, PHP, MySQL


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Deise, Martin V et al., (2000)., Executive’s Guide to eBusiness – From Tactics to Strategy. Canada : John Wiley.

Dewanto, I Joko., (2006)., Web Desain Metode Aplikasi dan Implementasi. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Indrajit, Richardus Eko., (2002)., Konsep dan Aplikasi E-Business. Yogyakarta. Andi Publisher.

McLeod, Raymond Ir., (2001)., Sistem Informasi Manajemen, Edisi vii – Terjemahan Teguh Hendra, SE. AK. Jakarta : PT.Prenhalindo.

Meiwanto, Catur., (2002)., Internet Serba-Serbi. Jakarta : Dinastindo.

Munawar., (2005)., Pemodelan Visual Dengan UML. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Pal, Nirmal, and Judith M. Ray., (2001)., Pushing the Digital Frontier – Insights into the Changing Landscape of E-Business. New York. Amacom.

Sawhney, Mohan, dan Jeff Zabin., (2001)., The Seven Steps to Nirvana – Strategic Insights into E-Business Transformation. New York. McGraw – Hill.

Sidik, Betha Ir., (2005)., MySQL. Bandung. Informatika.

Tanenbaum, Andrew S., (2004)., Computer Networks. 4th Edition. New Jersey : Pearson Education.

Turban, E, Lee, Jae King, David and Chung, Michael H., (2000)., Electronic Commerce : A Managerial Perspective. New Jersey : Prentice Hall.

Utdirartatmo, Firrar., (2002)., Mengelola Database Server MySQL di Linux dan Windows. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Wiell, Peter, and Michael R. Vitale., (2001)., Place to Space : Migrating to e-Business Models. Boston : Harvard Business School Press.




DOI: https://doi.org/10.47007/komp.v7i01.5812

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR COUNTER:

gerEGGe

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats