Optimalisasi Peranan Humas Dalam Organisasi Dakwah

Asep Saefudin Ma’mun

Sari


Abstrak

Humas atau public relations adalah sebuah fungsi manajemen yang dijalankan secara berkesinambungan dan berencana, dan melalui hal ini organisasi-organisasi dan lembaga, baik yang berifat umum maupun pribadi, berusaha memperoleh dan membina pengertian, simpati, dan dukungan dari mereka yang memiliki sangkut paut dengan organisasi atau lembaga dengan cara menilai pendapat umum di antara mereka  dengan maksud menghubungkan sedapat  mungkin kebijakan dan ketatalaksanaannya untuk mewujudkan kerjasama yang produktif  melalui perencanaan dan penyebarluasan informasi, untuk kepentingan bersama yang lebih efisien. Mengoptimalisasi peranan humas mutlak diperlukan supaya humas dapat lebih memperoleh pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang bersangkutan dengan kepentingan organisasi. Optimalisasi peranan dapat dilakukan melalui penelitian dan penegakan etika, karena keduanya dapat menentukan sasaran dan cara yang tepat, lebih-lebih untuk organisasi dakwah yang menuntut keabsahan informasi dan kewibawaan pendakwah.

Kata kunci: optimalisasi, peranan humas, dakwah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar pustaka

Alwi Dahlan, “Pemerataan Informasi, Komunikasi, dan Pembangunanâ€, Pidato Pengukuhan Guru Besar Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia. 1997

Canfield, Betrand R., “Public Relationsâ€, 1968, Richard D. Irwin, Illinois. 1968

Cutlip, Scott M. at.al, “Effective Public Relationsâ€, Indeks, Jakarta. 2005

Eisenberg, Eric M, at.al. “Organizational Communicationâ€, Bedford/St. Martin’s Boston New York. 2010

Grunig, James E & Todd Hunt, “Managing Public Relationsâ€, CBS College Pblishing New York. 1984

Grunig, James. E, “Excellence in Public Relations and Communication Managementâ€, Lawrence Erlbaum ASssociates, New Jersey. 1992

Jefkins, Frank, “Public Relationsâ€, Mc Donald & Evans Ltd, Estover, Plymouth. 1984

Mayor Polak, “Sosiologiâ€, Balai Buku Ikhtiar, Jakarta. 1962

Newsom, Doug, at.al, “This is PR, The Realities of Public Relationsâ€, Michael Rosenberg, Boston. 2010

Onong Uchyana Effendy, “Ilmu Komunikasi dalam Teori dan Praktekâ€, Remaja Rosda Karya, Bandung. 2007

Theaker, Alison, “The Public Relations Handbookâ€, Routledge, 2 Park Square. 2004


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR NUMBER:
 
hit counter