Optimalisasi Peranan Humas Dalam Organisasi Dakwah
Sari
Abstrak
Humas atau public relations adalah sebuah fungsi manajemen yang dijalankan secara berkesinambungan dan berencana, dan melalui hal ini organisasi-organisasi dan lembaga, baik yang berifat umum maupun pribadi, berusaha memperoleh dan membina pengertian, simpati, dan dukungan dari mereka yang memiliki sangkut paut dengan organisasi atau lembaga dengan cara menilai pendapat umum di antara mereka  dengan maksud menghubungkan sedapat mungkin kebijakan dan ketatalaksanaannya untuk mewujudkan kerjasama yang produktif melalui perencanaan dan penyebarluasan informasi, untuk kepentingan bersama yang lebih efisien. Mengoptimalisasi peranan humas mutlak diperlukan supaya humas dapat lebih memperoleh pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang bersangkutan dengan kepentingan organisasi. Optimalisasi peranan dapat dilakukan melalui penelitian dan penegakan etika, karena keduanya dapat menentukan sasaran dan cara yang tepat, lebih-lebih untuk organisasi dakwah yang menuntut keabsahan informasi dan kewibawaan pendakwah.
Kata kunci: optimalisasi, peranan humas, dakwah.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Daftar pustaka
Alwi Dahlan, “Pemerataan Informasi, Komunikasi, dan Pembangunanâ€, Pidato Pengukuhan Guru Besar Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia. 1997
Canfield, Betrand R., “Public Relationsâ€, 1968, Richard D. Irwin, Illinois. 1968
Cutlip, Scott M. at.al, “Effective Public Relationsâ€, Indeks, Jakarta. 2005
Eisenberg, Eric M, at.al. “Organizational Communicationâ€, Bedford/St. Martin’s Boston New York. 2010
Grunig, James E & Todd Hunt, “Managing Public Relationsâ€, CBS College Pblishing New York. 1984
Grunig, James. E, “Excellence in Public Relations and Communication Managementâ€, Lawrence Erlbaum ASssociates, New Jersey. 1992
Jefkins, Frank, “Public Relationsâ€, Mc Donald & Evans Ltd, Estover, Plymouth. 1984
Mayor Polak, “Sosiologiâ€, Balai Buku Ikhtiar, Jakarta. 1962
Newsom, Doug, at.al, “This is PR, The Realities of Public Relationsâ€, Michael Rosenberg, Boston. 2010
Onong Uchyana Effendy, “Ilmu Komunikasi dalam Teori dan Praktekâ€, Remaja Rosda Karya, Bandung. 2007
Theaker, Alison, “The Public Relations Handbookâ€, Routledge, 2 Park Square. 2004
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.