Strategi Humas Dalam Mempublikasikan Pariwisata Pulau Komodo (Studi Pada Kementrian Kebudayaan Dan Pariwisata)

Ilona V. Oisina Situmeang

Sari


Abstrak

Humas Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata memiliki salah satu tugas untuk mempublikasikan informasi-informasi bagi masyarakat seputar kebudayaan dan pariwisata yang terdapat di Indonesia, salah satunya adalah pariwisata Pulau Komodo. Tujuan dilakukan publikasi ini adalah untuk memperkenalkan pulau komodo kepada masyarakat agar mengetahui dan merawat tempat pariwisata tersebut. Dalam mempublikasikannya Humas menggunakan media publikasi diantaranya: kampanye, printed media, surat kabar, televisi, dan internet. Media publikasi ini dianggap yang paling efektif untuk menyampaikan informasi-informasi tentang Pulau Komodo dan untuk mendukung Indonesia dalam mengikuti kontes tujuh keajaiban dunia. Hasil yang diperoleh melalui publikasi lewat printed media, surat kabar dan televisi merupakan media yang paling sesuai untuk mendukung penyampaian informasi tentang Pulau Komodo.

Kata kunci: strategi humas, media, publikasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Jefkins F. “Public relationsâ€. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga. Jakarta. 2003

Morissan. “Manajemen Public Relations : Strategi Menjadi Humas Profesionalâ€. Kencana Prenada Media Group. Jakarta. 2008

Neuman LW. “Social research methods qualitative and quantitative approachesâ€. Boston: Pearson. Boston. 2006

Prisgunanto, I. “Komunikasi pemasaranâ€. Ghalia Indonesia. Bogor. 2006

Rumanti, Maria A. “Dasar-Dasar Public Relations Teori dan Praktikâ€. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta. 2005

Ruslan, R. “Manajemen Public Relations dan Media Komunikasiâ€. Raja Grafindo Persada. Jakarta. 2005


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR NUMBER:
 
hit counter