Pengaruh Daya Tarik Iklan Televisi Toko Bagus terhadap Minat Beli (Survey pada Warga Kompleks Citra Gran Cluster Central Garden, Cibubur)

Ilona V. Oisina Situmeang

Sari


Abstrak

Perkembangan teknologi khususnya media televisi mengajak perusahaan berlomba-lomba untuk mempromosikan produknya. Namun tidak dipungkiri bahwa konsumen jarang memberikan ruang untuk memperhatikan tayangan iklan media televisi. Ini merupakan tantangan besar bagi perusahaan untuk menciptakan iklan yang dapat menarik perhatian. Sehingga dapat diingat oleh konsumen. Iklan Toko Bagus merupakan salah satu iklan yang menggunakan media internet dalam menjual maupun membeli produk, namun diiklankan melalui media televisi. Daya tarik pesan, selebritis dan rasional membuat iklan mudah untuk diingat oleh konsumen. Populasi penelitian ini adalah warga komplek Citra Gran Cluster Centra Garden, Cibubur. Sebanyak 373 Kepala keluarga dan sampel penelitian sebanyak 93 Kepala keluarga yang pernah melakukan transaksi melalui Toko Bagus Hasil yang didapatkan korelasi sebesar 0,691 yang artinya terdapat hubungan yang kuat dan tinggi antara daya tarik iklan dengan minat beli konsumen. Hasil regresi menunjukkan bahwa sebesar 0,701 dan koefisien determinasi sebesar 0,530. Uji hipotesis menunjukkan ada pengaruh yang kuat dan positif antara daya tarik iklan dengan minat beli konsumen.

Kata kunci: iklan televisi, toko bagus, minat beli

 

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Ardianto E, “omunikasi massa suatu pengantarâ€, Remadja Rosdakarya, Bandung, 2004

Ashenfelter O, Levine PB, Zimmerma DJ, “Statistics and econometrics: methods and applicationsâ€, John Wiley & Sons, Inc, New York, 2003.

Jefkins F, “Periklananâ€, Erlangga, Jakarta, 1997.

Khasali, R, “Manajemen perprograman, konsep, dan aplikasi di Indonesiaâ€, Pustaka Utama Grfitti, Jakarta, 2003.

Kottler P, “Manajemen pemasaranâ€, Prehaindo, Jakarta, 2002.

Kriyantono R, “Teknis praktis riset komunikasiâ€, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2000.

Nazir M, “Metode Penelitianâ€, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1999.

Prasetyo B dan Miftahul JL, “Metode penelitian kuantitatif, teori dan aplikasiâ€, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005.

Priyatno D, “Mandiri Belajar SPSSâ€, Mediakom, Jakarta, 2008.

Rahmat J, “Psikologi komunikasiâ€, Remadja Rosdakarya, Bandung, 2004.

Seviela CG, Ochave A, Punsalan G, Regala P, Uriarte, “Pengantar metode penelitianâ€, Universitas Indonesia Press, Jakarta, 1993.

Suyanto M, “Strategi perancangan iklan televise perusahaan top duniaâ€, Andi, Yogyakarta, 2005.

Winardi, “Prilaku konsumenâ€, Balai Pustaka, Jakarta, 1991.

Seviela CG, Ochave A, Punsalan G, Regala P, Uriarte, “Pengantar metode penelitianâ€, Universitas Indonesia Press, Jakarta, 1993.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR NUMBER:
 
hit counter