Terpaan Drama Korea Dan Perilaku Fashion Di Kalangan Mahasiswi Fikom Ubhara Jaya
Sari
Drama korea sat ini banyak ditayangkan oleh stasiun televisi. Hampir setiap hari dan hampir di stasiun televisi menayangkan acara yang bertemakan korea. Oleh kaena itu peneliti tertarik ingin melihat berapa sering terpaan tersebut dan bagaimana dampaknya pada perilaku fashion. Penelitian ini dilakukan pada kalangan mahasiswi FIKOM Ubhara Jaya dengan melakukan survey seluruh mahasiswi FIKOM Ubhara Jaya. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan data yang terkumpul akan dianalisis dengan mengunakan statistik SPSS. Hasil penelitian di ketahui bahwa variabel terpaan tayangan drama Korea di televisis swasta tidak mempengaruhi atas perubahan atau peniruan atas perilaku fashion (kekoreaan) pada mahasiswi. Nilai Kofisien Determinasi yang diperoleh adalah 0.047 yang dapat ditafsirkan bahwa terpaan tayangan drama Korea di televisi memiliki pengaruh kontribusi sebesar 0.047% terhadap perilaku fashion (keKoreaan) dan 99,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar terpaan tayangan drama Korea.
Â
Kata kunci: fashion, acara korea, perilaku
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ardianto Elvinaro, Lukiati Komala & Karlinah Siti. Komunikasi Massa Suatu Pengantar : Simbiosa Rekatama Media. Bandung. 2007
Barnard, Marcom. Fashion Sebagai Komunikasi (Cara Mengkomunikasikan Identitas, Sosial, Seksual, Kelas dan Gender) : Jalasutra. Yogyakarta & Jakarta. 1996
Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi : PT. Raja Grafindo. Jakarta. 2003
Effendy, Uchajana, Onong. Dimensi-Dimensi Komunikasi : Remaja Rosda Karya, Bandung, 1993
Gebner. G. Gross. L. And signorielli. Growing Up With Television The Cultivation Perspective. Hillsdale, New Jersey. 1990
Kuswandi,Wawan. Komunikasi Massa Sebuah Analisis Media Televisi : Rineka Cipta. Jakarta. 1996
Liliweri, Alo. Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan : Citra Aditya Bakti. Jakarta.1992
Littlejohn, Stephen W_____Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika, Jakarta, 2009
McQuail, Dennis. Teori Komunikasi Massa : Erlangga. Jakarta. 1993
Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar : PT. Remaja Rosda Karya. Bandung. 2003
Rakmat, Jalaludin. Psikologi Komunikasi : Remaja Rosda Karya. Bandung. 2001
Setiowati, Endang.Imperialisme Budaya dan Pembentukan Identitas: Kajian Terhadap Fanatisme Remaja Pada Budaya Pop Jepang. Jurnal Komunikasi Universitas Indonesia. Jakarta. 2008
Shore, Larry. Mass Media For Depvelopment: Arexaminition Of Acees, Exposure And Impact Communications The Rural Thrid World : Praegar. New York, 1985
Surbakti. Awas Tayangan Televisi : PT. Alex Media Komputindo, Kelompok Gramedia. Jakarta. 2008
Susanto Astrid. Komunikasi Kontenporer : Bina Cipta. Bandung. 1977
Vivian, John. Teori Komunikasi Massa Edisi 8 : Kencana Media Perdana Group. Jakarta. 2008
Wahyudi, JB. Dampak Informasi Terhadap Masyarakat Indonesia. Jakarta. 1993
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.